Sosialisasi EMIS 4.0 - BTQ

MGMP PAI - Senin, 20 November 2023.

Lomba Kaligrafi

MGMP PAI - Sabtu, 16 September 2023.

This is default featured slide 3 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.

This is default featured slide 4 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.

This is default featured slide 5 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.

20 November 2023

Sosialisasi EMIS 4.0 & BTQ

Senin, 20 November 2023 - Assalamu'alaikum Warahmatullaahi Wabarakaatuh sobat PAI semuanya. Siang ini pukul 13.00 WIB (jam 1 siang), MGMP PAI menyelenggarakan kegiatan pertemuan se-Wilayah Sanggar 037 Jakarta Timur di SMP Negeri 149 Jakarta. 

Kegiatan ini berdasarkan adanya surat dari Kepala Seksi Pendidikan Agama Islam (Kasi PAIS) Kementerian Agama Jakarta Timur Nomor: B.10133/Kk.09.2/PP.00.2/4/2023 tentang Sosialisasi Emis 4.0 dan Pengisian PAK pada Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) Kementerian Agama, serta Sosialisasi Baca Tulis Qur'an (BTQ) dan Tahfidz. 

Terdapat 20 daftar sekolah yang mengikuti kegiatan Silaturrahim MGMP PAI di Sanggar 037 Jakarta Timur, sebagai berikut: 

  1. SMP Negeri 14 Jakarta. 
  2. SMP Negeri 25 Jakarta. 
  3. SMP Negeri 26 Jakarta. 
  4. SMP Negeri 36 Jakarta. 
  5. SMP Negeri 52 Jakarta. 
  6. SMP Negeri 62 Jakarta. 
  7. SMP Negeri 148 Jakarta. 
  8. SMP Negeri 149 Jakarta. 
  9. SMP Negeri 243 Jakarta. 
  10. SMP Al-Qalam. 
  11. SMP Annuuriyyah. 
  12. SMP As Salafy. 
  13. SMP Cahaya Sakti. 
  14. SMP Cawang Baru. 
  15. SMP Darul Arqom. 
  16. SMP Darul Mu'minin. 
  17. SMP Dewi Sartika. 
  18. SMP Muara Indonesia. 
  19. SMP Pandawa. 
  20. SMP YPMII. 

Susunan rangkaian acara kegiatan: 

  • Pembukaan diawali dengan membaca QS. Al-Faatihah. 
  • Sambutan Bapak Ade Supratomo, S.Pd.I. selaku Ketua Musyawarah Guru Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (MGMP PAI) Jakarta. 
  • Sambutan Ibu Mulyaningsih selaku Kepala SMP Negeri 149 Jakarta. Beliau keturunan Jawa tumbuh di Betawi. 
  • Pembinaan oleh Pengawas Agama Islam Kecamatan Jatinegara. 
  • Pembinaan oleh Bapak Dr. Abdul Rosyid selaku Kepala Seksi Pendidikan Agama Islam (Kasi PAIS) Jakarta Timur. 
  • Sosialisasi EMIS 4.0. 
  • Sosialisasi Baca Tulis Qur'an (BTQ). 
  • Penutup dengan Do'a. 

Bapak Dr. Abdul Rosyid (Kasi PAIS) Jakarta Timur sudah menjadi Pegawai Negeri sejak tahun 1989. Beliau berpesan bahwasanya setiap sekolah wajib memiliki road map, yang mana berfungsi sebagai alur progress kegiatan peserta didik dalam melancarkan baca tulis Al-Qur'an. 

DOKUMENTASI FOTO KEGIATAN 












Foto: Ibu Liana Febriana, Bapak Riki Irawan Banani, Muafi.

13 November 2023

Kelas 7 Kurmer: Soal Bab Shalat & Sujud pada Masa Bani Umayyah

Jakarta, 13 November 2023 - Assalamu'alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh, semangat pagi sobat PAI. Kali ini admin mau membagikan soal-soal terkait materi tentang beriman kepada Allah SWT, bersuci atau  thaharah, shalat fardhu, dzikir setelah shalat, sujud, dan sejarah peradaban Islam pada masa Bani Umayyah. Langsung aja disimak yaa dan jangan lupa untuk dipelajari guna persiapan ujian akhir semester ganjil...!! 

1. Orang yang melaksanakan shalat semata-mata karena Allah SWT, dan berkeinginan hanya untuk menggapai keridhaan-Nya, merupakan perwujudan dari salah satu sasaran tujuan melaksanakan shalat, yaitu .... 

  • a. Timbulnya keikhlasan. 
  • b. Timbulnya ketaqwaan kepada Allah SWT. 
  • c. Selalu mengingat-Nya. 
  • d. Adanya perasaan nyaman dan tenteram. 

2. Zhulsi dari kecil sampai sekarang tidak pernah belajar mengaji sehingga ia tidak tahu arti bacaan shalat. Padahal ia rajin sekali melaksanakan shalat. Hukum shalat yang dikerjakan olehnya adalah .... 

  • a. Sah. 
  • b. Batal. 
  • c. Sia-sia. 
  • d. Makruh. 

3. Berikut ini hikmah shalat fardhu dalam menjalani kehidupan, kecuali .... 

  • a. Membiasakan disiplin. 
  • b. Membiasakan hidup bersosial. 
  • c. Mendapatkan kebahagiaan dunia. 
  • d. Sarana pembentukan kepribadian muslim. 

4. Melaksanakan shalat dengan tepat waktu banyak sekali manfaatnya. Berikut ini yang merupakan manfaat melaksanakan shalat adalah .... 

  • a. Menambah pekerjaan yang harus dilaksanakan. 
  • b. Menambah kekayaan berupa harta benda. 
  • c. Ketenangan dalam menjalani hidup. 
  • d. Dihormati oleh masyarakat sekitar. 

5. Perhatikan pernyataan berikut! 

  1. Diberikan kemudahan pada segala urusan dalam pencapaian tujuan hidup. 
  2. Menjauhkan diri dari maksiat dan penyakit hati. 
  3. Mendekatkan diri kepada Allah SWT dan menggapai ridha-Nya. 
  4. Mempererat silaturrahim antar sesama ummat Islam. 

Di antara pernyataan tersebut, yang termasuk hikmah melaksanakan shalat berjama’ah adalah nomor .... 

  • a. 1. 
  • b. 2. 
  • c. 3. 
  • d. 4. 

6. Perhatikan pernyataan berikut ini! 

  1. Mendapatkan permasalahan sepanjang hidupnya. 
  2. Mendapatkan ketenangan hati dalam menjalani hidup. 
  3. Meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT. 
  4. Mendapatkan harta dan jabatan sesuai dengan keinginannya. 

Yang merupakan manfaat dari berdzikir ditunjukkan nomor .... 

  • a. 1 dan 2. 
  • b. 2 dan 3. 
  • c. 3 dan 4. 
  • d. 1 dan 4. 

7. Perhatikan tabel berikut ini! 

Tabel 3.5 
Pasangan Bacaan dan Lafal 

Yang merupakan pasangan bacaan dzikir yang benar adalah .... 

  • a. 1-A, 2-B, 3-C, 4-D. 
  • b. 1-B, 2-C, 3-D, 4-A. 
  • c. 1-C, 2-D, 3-A, 4-B. 
  • d. 1-D, 2-C, 3-B, 4-A. 

8. Dalam setiap situasi dan keadaan, kita dituntut untuk selalu ingat pada Allah SWT. Hal ini berkaitan dengan pengakuan bahwa manusia itu lemah dan sangat tergantung kepada-Nya. Salah satu upaya untuk melengkapi kekurangan tersebut dapat dilakukan dengan cara .... 

  • a. Berharap belas kasihan dari orang lain. 
  • b. Meminta tolong kepada sesama. 
  • c. Berdo’a kepada Allah SWT. 
  • d. Membawa tasbih setiap waktu. 

9. Perhatikan pernyataan berikut ini! 

  1. Orang yang berhati keras, yaitu orang yang banyak bicara tapi jangan ingat kepada-Nya. 
  2. Orang dermawan yaitu orang yang selalu menggunakan hartanya untuk kepentingan umum. 
  3. Orang pelit atau bakhil yaitu orang yang tidak mau berbagi hartanya. 
  4. Orang yang tawadhu’ yaitu orang yang rendah hati. 

Golongan jauh dari Allah SWT dapat ditunjukkan oleh nomor .... 

  • a. 1 dan 2. 
  • b. 1 dan 3. 
  • c. 3 dan 4. 
  • d. 1 dan 4. 

10. Allah SWT memerintahkan hamba-Nya yang beriman kepada-Nya dan membenarkan Rasulullah SAW untuk memperbanyak dzikir kepada-Nya, baik siang maupun malam, sendiri maupun berjama’ah. Hal ini dinyatakan pada .... 

  • a. QS. Ali ‘Imran/3 ayat 102. 
  • b. QS. Ali ‘Imran/3 ayat 112. 
  • c. QS. Al-Ahzab/33 ayat 41. 
  • d. QS. Al-Ahzab/33 ayat 31. 

11. Perhatikan pernyataan di bawah ini! 

  1. Seseorang lupa kelebihan raka’at shalat. 
  2. Memperoleh nikmat yang luar biasa. 
  3. Mendengar atau membaca ayat-ayat sajdah. 
  4. Meninggalkan salah satu rukun shalat karena lupa. 
  5. Lupa kekurangan jumlah raka’at shalat. 
  6. Selamat dari bahaya atau musibah. 

Penyebab melaksanakan sujud sahwi ditunjukkan pada nomor .... 

  • a. 1, 2, dan 3. 
  • b. 2, 3, dan 4. 
  • c. 1, 4, dan 5. 
  • d. 4, 5, dan 6. 

12. Ketika sedang melakukan shalat Maghrib, Zevan ragu terhadap jumlah raka’atnya, sehingga sebelum salam ia melakukan sujud .... 

  • a. Tilawah. 
  • b. Syukur. 
  • c. Sujud rukun. 
  • d. Sahwi. 

13. Abdullah melaksanakan shalat Dzhuhur, namun ia lupa tidak melakukan tasyahud awal. Sebelum salam ia melakukan sujud sahwi. Ilustrasi tersebut menunjukkan hikmah melakukan sujud sahwi adalah .... 

  • a. Agar terhindar dari dosa. 
  • b. Terkesan shalatnya khusyuk. 
  • c. Shalatnya tampak lama. 
  • d. Menyadari manusia tempat salah dan lupa. 

14. Perhatikan ilustrasi berikut! 

"Ketika shalat Ashar, EL ragu-ragu tentang jumlah raka’at yang telah dilakukan, oleh karena itu ia menambah raka’atnya dan sebelum salam melakukan sujud sahwi." 

Dengan kejadian tersebut, hikmah dari sujud sahwi adalah .... 

  • a. Menghindarkan dosa. 
  • b. Melengkapi jumlah raka’at. 
  • c. Memperbanyak sujud. 
  • d. Menghindarkan keraguan. 

15. Pada saat menerima pengumuman hasil ujian seorang siswa SMP ternyata memperoleh nilai yang memuaskan. Sebagai seorang muslim yang baik, disunnahkan untuk mengerjakan sujud .... 

  • a. Syukur. 
  • b. Tilawah. 
  • c. Rukun. 
  • d. Sahwi. 

16. Perhatikan pernyataan berikut! 

  1. Memperoleh nikmat. 
  2. Membaca atau mendengar ayat-ayat sajdah. 
  3. Lupa melaksanakan tasyahud awal. 
  4. Terhindar dari bahaya bencana alam. 

Pernyataan yang bukan merupakan penyebab melaksanakan sujud syukur adalah .... 

  • a. 1 dan 2. 
  • b. 2 dan 3. 
  • c. 3 dan 4. 
  • d. 1 dan 4. 

17. “Betapa senang hati Riyan melihat Namanya muncul sebagai juara I lomba Olimpiade sains tingkat Provinsi.” Jenis sujud yang tepat untuk pernyataan di atas adalah sujud .... 

  • a. Syukur. 
  • b. Sahwi. 
  • c. Tilawah. 
  • d. Rukun. 

18. Nana adalah seorang siswi yang taat beribadah dan rajin membaca Al-Qur’an. Suatu ketika ia membaca Al-Qur’an sampai pada ayat sajdah, lalu ia langsung melakukan sujud. Sujud yang dilakukan oleh Nana adalah .... 

  • a. Sujud ketika shalat. 
  • b. Sujud tilawah. 
  • c. Sujud sahwi. 
  • d. Sujud Syukur. 

19. Pada saat shalat jama’ah, imam membaca ayat sajdah tetapi tidak melakukan sujud tilawah, maka sebagai makmum yang dilakukan adalah .... 

  • a. Menegur imam. 
  • b. Sujud tilawah sendirian. 
  • c. Mengajak teman di samping untuk sujud tilawah. 
  • d. Mengikuti imam tidak sujud, karena sujud tilawah adalah sunnah. 

20. Surat dalam Al-Qur’an yang terdapat dua ayat sajdah adalah .... 

  • a. QS. Al-Furqan. 
  • b. QS. Al-‘Imran. 
  • c. QS. An-Nisa’. 
  • d. QS. Al-Hajj. 

21. Nama Bani Umayyah berasal dari nama nenek moyangnya yang Bernama .... 

  • a. ‘Umar bin ‘Abd al-‘Aziz. 
  • b. ‘Abd al-Malik bin Marwan. 
  • c. Umayyah bin ‘Abd al-Syams. 
  • d. Mu’awiyah bin Abu Sufyan. 

22. Kesepakatan antara Hasan bin ‘Ali dengan Mu’awiyah, sepeninggal Mu’awiyah, pemerintahan harus dikembalikan ke tangan ummat Islam yang terkenal dengan .... 

  • a. Yaum al-Qiyamah. 
  • b. ‘Am al-Jama’ah. 
  • c. ‘Am al-Sa’adah. 
  • d. ‘Am al-Huzn. 

23. Dalam Al-Qur’an dinyatakan bahwa Allah SWT tidak akan mengubah keadaan suatu kaum sehingga mereka mengubah keadaannya sendiri. Hal ini tercantum dalam .... 

  • a. QS. Al-Anfal/8: 30. 
  • b. QS. Al-An’am/6: 165. 
  • c. QS. Ar-Ra’d/13: 11. 
  • d. QS. Al-Baqarah/2: 11. 

24. Panglima perang Bani Umayyah yang namanya diabadikan menjadi nama sebuah selat yaitu .... 

  • a. Tariq bin Ziyad. 
  • b. ‘Umar bin ‘Abdul ‘Aziz. 
  • c. Walid bin ‘Abdul Malik. 
  • d. ‘Abdul Malik bin Marwan. 

25. Sebuah masjid yang dibangun di Damaskus pada masa Walid bin ‘Abdul Malik merupakan hasil karya arsitek terkenal. Tokoh tersebut yang Bernama .... 

  • a. ‘Uqbah bin Nafi’. 
  • b. Rabi’ah Al-Ra’i. 
  • c. Sa’id bin Musayyab. 
  • d. Abu ‘Ubaidah bin Jarrah. 

26. Mu’awiyah bin Abu Sufyan merupakan salah satu sahabat Rasulullah SAW yang terlibat aktif dalam menuliskan wahyu dan meriwayatkan hadits. Dia masuk Islam ketika .... 

  • a. Fathul Makkah. 
  • b. Perjanjian Aqabah I. 
  • c. Perjanjian Aqabah II. 
  • d. Perjanjian Hudaibiyah. 

27. Perhatikan uraian berikut! 

"Keadaan negara sangat tenteram, makmur, dan tertib. Ummat Islam merasa nyaman dan hidup bahagia ketika dipimpin oleh Walid bin ‘Abdul Malik (705-715 M / 86-97 H). Pada 10 tahun kepemimpinannya, wilayah diperluas ke Afrika Utara menuju wilayah barat daya Eropa. Infrastruktur dibangun dengan megah. Dia membangun rumah jompo dan panti asuhan serta Masjid Al-Umawi di Damaskus." 

Nilai yang dapat dipetik pada kisah perjuangan tersebut yang dapat diteladani adalah .... 

  • a. Mencintai rakyat. 
  • b. Membahagiakan rakyat. 
  • c. Mensejahterakan rakyat. 
  • d. Memajukan ilmu pengetahuan. 

28. Berikut ini yang merupakan bentuk-bentuk pertumbuhan kebudayaan pada masa Bani Umayyah adalah .... 

  • a. Perkembangan di bidang bahasa dan sastra oleh Al-Qali dengan karyanya Al-Amali dan Al-Mawadir. 
  • b. Perkembangan di bidang arsitektur ditandai dengan dibangunnya masjid-masjid yang memenuhi kota. 
  • c. Perkembangan ilmu kimia murni dan kimia terapan di bidang keilmuan kimia oleh Abu Al-Qasim Ibn Farnas. 
  • d. Perkembangan di bidang kedokteran oleh Abu Al-Qasim Al-Zahrawi berupa ilmu bedah, ilmu telinga, dan ilmu penyakit kulit. 

29. Perhatikan tabel para ilmuwan muslim pada masa Bani Umayyah dan karyanya berikut! 

Tabel 5.6 
Pasangan Nama Ilmuwan dan Bidang Ilmu 

Pasangan yang tepat antara ilmuwan muslim pada masa Bani Umayyah dan karyanya pada tabel tersebut ditunjukkan pada nomor .... 

  • a. 1-D, 2-C, 3-A, 4-B. 
  • b. 1-B, 2-D, 3-A, 4-C. 
  • c. 1-C, 2-B, 3-D, 4-A. 
  • d. 1-A, 2-D, 3-C, 4-B. 

30. Khalifah ‘Umar bin ‘Abdul ‘Aziz memerintahkan untuk penghimpunan dan penyempurnaan hadits dengan alasan sebagai berikut, kecuali .... 

  • a. Banyak pemalsuan hadits-hadits. 
  • b. Para penghafal hadits semakin berkurang karena meninggal. 
  • c. Digunakan sebagai alat untuk menguatkan kedudukan kelompok tertentu. 
  • d. Digunakan sebagai alat dalam memperkokoh keyakinan masyarakat terhadap Islam. 

31. Bagi ummat Islam, Al-Qur’an merupakan pedoman hidup. Al-Qur’an merupakan pesan Illaahi untuk manusia dalam mencapai kebaikan hidup. Al-Qur’an berfungsi untuk .... 

  • a. Petunjuk dan penjelas bagi sesuatu yang harus diketahui, juga pembeda antara kebenaran dan kebathilan. 
  • b. Menerangkan serta menguatkan hukum-hukum yang terdapat dalam hadits. 
  • c. Sebagai Bayan dan muhaqqiq (penjelas dan penguat). 
  • d. Memberikan penguatan pada kehidupan sehari-hari. 

32. Kata yang artinya “taatilah Allah SWT” yang tertulis di dalam QS. An-Nisa’/4: 59 adalah terjemahan dari kata .... 

  • a. 
  • b. 
  • c. 
  • d. 

33. Ulil amri adalah pemimpin, siapapun pemimpinnya harus kita taati selama tidak memerintahkan untuk berbuat maksiat. Yang tidak termasuk ulil amri sesuai makna QS. An-Nisa’/4: 59 adalah .... 

  • a. Ketua kelas. 
  • b. Kepala desa. 
  • c. Wali kota / Bupati. 
  • d. Paguyuban. 

34. Sifat-sifat Allah SWT dan Asmaul Husna dalam Al-Qur’an serta Sunnah merupakan kesempurnaan mutlak dari sifat-sifat-Nya dari segala kekurangan. Asmaul Husna berarti .... 

  • a. Sifat-sifat Allah SWT. 
  • b. Nama-nama indah bagi Allah SWT. 
  • c. Nama-nama Rasul yang baik. 
  • d. Sifat-sifat Rasulullah SAW. 

35. Al-Qur’an adalah kitab suci ummat Islam yang berfungsi sebagai pedoman hidup. Yang dimaksud dengan pedoman hidup adalah menjadi .... 

  • a. Bahan untuk dipelajari. 
  • b. Kitab yang selalu dibaca. 
  • c. Rujukan dalam kehidupan. 
  • d. Sumber hukum bernegara. 

36. Meyakini dalam hati, mengucapkan dengan perkataan, dan mengamalkan dalam perbuatan kehidupan sehari-hari adalah arti dari .... 

  • a. Iman. 
  • b. Islam. 
  • c. Ihsan. 
  • d. Taqwa. 

37. Bagi setiap muslim menuntut ilmu itu hukumnya .... 

  • a. Fardhu ‘Ain. 
  • b. Sunnah. 
  • c. Haram. 
  • d. Mubah. 

38. Taat kepada Allah SWT memiliki arti sama dengan .... kepada Allah SWT. 

  • a. Ingkar. 
  • b. Hormat. 
  • c. Patuh. 
  • d. Kufur. 

39. Al-Qur’an terdiri dari .... juz. 

  • a. 10. 
  • b. 20. 
  • c. 30. 
  • d. 114. 

40. Berikut ini adalah hikmah orang yang beriman, kecuali .... 

  • a. Akan diangkat derajatnya. 
  • b. Mampu menyelesaikan masalah. 
  • c. Akan beriman dengan sempurna. 
  • d. Boleh melakukan apa saja. 

41. Kita sebagai manusia, cara agar bisa menembus langit dengan .... 

  • a. Terbang memakai roket. 
  • b. Ilmu pengetahuan. 
  • c. Kekuatan super. 
  • d. Berdo’a kepada Allah SWT. 

42. Mengerjakan shalat fardhu termasuk rukun Islam yang ke .... 

  • a. 1. 
  • b. 2. 
  • c. 3. 
  • d. 4. 

43. Berikut hikmah beriman kepada Allah SWT, kecuali .... 

  • a. Akan selalu ditolong oleh Allah SWT. 
  • b. Hati menjadi tenang dan tidak gelisah. 
  • c. Mendatangkan keuntungan dunia dan akhirat. 
  • d. Sepanjang hidupnya selalu mendapatkan kerugian. 

44. Mau mendengarkan apa yang dikatakan orang lain sebagai masukan dalam kehidupan sehari-hari adalah salah satu cara meneladani .... 

  • a. Malaikat. 
  • b. Rasul. 
  • c. Asmaul Husna. 
  • d. Syaithan. 

45. Thaharah mengajarkan kepada kita agar selalu hidup .... 

  • a. Sederhana. 
  • b. Damai. 
  • c. Bersih. 
  • d. Tenang. 

46. Menyapu muka dan kedua tangan sampai siku dengan tanah suci sebagai pengganti wudhu atau mandi disebut .... 

  • a. Thaharah. 
  • b. Mandi wajib. 
  • c. Istinja’. 
  • d. Tayammum. 

47. Tujuan wudhu atau tayammum adalah untuk menghilangkan .... 

  • a. Hadats kecil dan hadats besar. 
  • b. Hadats besar. 
  • c. Hadats kecil. 
  • d. Najis. 

48. Orang yang melakukan tayammum adalah orang yang .... 

  • a. Sedang dalam berpergian. 
  • b. Sedang sakit sehingga tidak boleh kena air. 
  • c. Sedang sibuk kerja dan tak sempat mencari air. 
  • d. Sedang di atas kendaraan. 

49. Berikut ini yang termasuk rukun tayammum adalah .... 

  • a. Niat. 
  • b. Membasuh kaki. 
  • c. Mengusap kepala. 
  • d. Membasuh telinga. 

50. Salah satu yang membatalkan tayammum adalah .... 

  • a. Makan dan minum sebelum shalat. 
  • b. Berselisih paham dengan teman. 
  • c. Semua yang membatalkan wudhu. 
  • d. Melihat maksiat sebelum shalat. 

Bagi yang ingin soal ini dalam microsoft word tanpa mengetik ulang, dapat mengunduh file melalui link berikut: https://link-center.net/549785/soal-aas-semsester-ganjil

Semoga Mendapat Nilai yang Memuaskan

12 November 2023

Kisi-Kisi Kelas 7 Kurmer Semester Ganjil

Jakarta, 13 November 2023 - Assalamu'alaikum Warahmatullaahi Wabarakaatuh. Halo para sobat PAI, admin ingin menginformasikan kisi-kisi pembelajaran mengenai materi sebagai berikut: 

  1. Bab I - Al-Qur'an dan Sunnah sebagai Pedoman Hidup. 
  2. Bab II - Meneladani Nama dan Sifat Allah SWT untuk Kebaikan Hidup. 
  3. Bab III - Menghadirkan Shalat dan Dzikir dalam Kehidupan. 
  4. Bab IV - Mengagungkan Allah SWT dengan Tunduk pada Perintah-Nya. 
  5. Bab V - Damaskus Pusat Peradaban Timur Islam (661-750 M). 

~BAB 3 - MENGHADIRKAN SHALAT DAN DZIKIR DALAM KEHIDUPAN~ 

A. Shalat. 

Orang yang melaksanakan shalat semata-mata karena Allah SWT, dan berkeinginan hanya untuk menggapai keridhaan-Nya, merupakan perwujudan dari salah satu sasaran tujuan melaksanakan shalat, yaitu timbulnya ketaqwaan kepada Allah SWT. 

Melaksanakan shalat dengan tepat waktu banyak sekali manfaatnya, salah satunya adalah mendapatkan keteangan dalam hidup. 

Apabila terdapat orang yang dari kecil sampai sekarang tidak pernah belajar mengaji sehingga ia tidak tahu arti bacaan shalat. Padahal ia rajin sekali melaksanakan shalat, maka hukum shalat yang dikerjakan olehnya adalah tetap sah. 

Hikmah melaksanakan shalat berjama’ah adalah mempererat silaturrahim antar sesama ummat Islam. Sedangkan hikmah shalat fardhu dalam menjalani kehidupan sebagai berikut: 

  1. Tertanamnya aqidah tauhid dalam jiwa seseorang. 
  2. Hubungan antara manusia dengan Allah SWT akan terjalin baik. 
  3. Kedamaian, keamanan, dan keselamatan dari Allah SWT akan diperoleh olehnya. 
  4. Mengantarkan mereka pada kesuksesan dan pengampunan dari segala kesalahan. 
  5. Memperkuat jiwa seseorang dalam hubungan dengan Allah SWT. 
  6. Memperoleh ketenangan jiwa. 
  7. Menjauhkan diri dari kelalaian. 
  8. Melatih hidup disiplin dan taat peraturan, baik peraturan kerja maupun peraturan dalam kehidupan ini. 
  9. Membiasakan seseorang pada perbuatan atau perkataan yang baik dan bermanfaat. 
  10. Menumbuhkan akhlaq mulia seperti amanah, jujur, dan upaya menjauhkan diri dari perbuatan keji dan munkar. 
  11. Meraih ketaqwaan kepada Allah SWT. 
  12. Menghindari perilaku tercela. 

B. Dzikir. 

Dzikir merupakan suatu amalan ibadah yang biasa dilakukan setelah mengerjakan shalat ataupun dikerjakan tanpa persiapan dan waktu yang khusus, guna mengingat Allah SWT. Adapun dzikir meliputi bacaan diantaranya sebagai berikut: 

  • Tahlil dengan lafazh Laa Ilaaha Illallaah. 
  • Tasbih dengan lafazh Subhanallaah. 
  • Tahmid dengan lafazh Alhamdulillaah. 
  • Takbir dengan lafazh Allaahu Akbar. 

Allah SWT memerintahkan hamba-Nya yang beriman kepada-Nya dan membenarkan Rasulullah SAW untuk memperbanyak dzikir kepada Allah SWT, baik siang maupun malam, sendiri maupun berjama’ah. Sebagaimana firman Allah SWT dalam QS. Al-Ahzab/33 ayat 41: 

Artinya: "Wahai orang-orang yang beriman, ingatlah Allah SWT dengan dzikir sebanyak-banyaknya." (QS. Al-Ahzab/33: 41). 

Dalam setiap situasi dan keadaan, kita dituntut untuk selalu ingat kepada Allah SWT. Hal ini berkaitan dengan pengakuan bahwa manusia itu lemah dan sangat tergantung kepada-Nya. Salah satu upaya untuk melengkapi kekurangan tersebut dapat dilakukan dengan cara berdo'a kepada Allah SWT (Subhanahu Wa Ta'aala). 

Manfaat dari berdzikir yaitu: 

  1. Mendapatkan ketenangan hati dalam menjalani hidup. 
  2. Meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT. 
  3. Untuk mensyukuri nikmat-Nya. 
  4. Menjadi pengikat diri dengan mendekatkan diri kepada Allah SWT. 

Adapun golongan yang jauh dari Allah SWT yaitu: 

  1. Orang yang berhati keras, yaitu orang yang banyak bicara tapi tidak ingat kepada-Nya. 
  2. Orang yang pelit atau bakhil, yaitu orang yang tidak mau berbagi hartanya. 

~BAB 4 - MENGAGUNGKAN ALLAH SWT DENGAN TUNDUK PADA PERINTAH-NYA~ 

A. Sujud Sahwi. 

Penyebab melaksanakan sujud sahwi sebagai berikut: 

  1. Seseorang lupa kelebihan raka'at shalat. 
  2. Meninggalkan salah satu rukun shalat karena lupa. 
  3. Lupa kekurangan jumlah raka'at shalat. 
  4. Timbulnya keraguan dalam pelaksanaan shalat berlangsung. 
  5. Lupa tidak melakukan salah satu rukun shalat, seperti ruku' atau sujud. 
  6. Ragu atau lupa jumlah raka'at shalat. 
  7. Lupa membaca do'a qunut (bagi orang yang yang terbiasa qunut). 
  8. Lupa mengerjakan atau melaksanakan tasyahud awal. 
  9. Kekurangan atau kelebihan jumlah raka'at shalat. 
  10. Apabila ada yang mengingatkan bahwa raka'atnya kurang, maka seseorang tersebut harus berdiri dan melengkapi raka'at, serta melakukan sujud sahwi. 

Hikmah melakukan sujud sahwi adalah menyadarkan manusia dari tempatnya kealpaan (lupa) dan menghindarkan keraguan dalam menjalankan ibadah shalat. 

Adapun contoh kasus yang biasa ditemukan dalam kealpaan atau keraguan, yang kemudian melaksanakan sujud sahwi dalam kehidupan sehari-hari sebagai berikut: 

  • Ragu terhadap jumlah raka'at ketika sedang melakukan shalat Maghrib. 
  • Abdullah melaksanakan shalat Dzhuhur, namun ia lupa tidak melakukan tasyahud awal. Sebelum salam ia melakukan sujud sahwi. 
  • Ketika shalat Ashar, El ragu-ragu tentang jumlah raka'at yang telah dilakukan, oleh karena itu ia menambah raka'atnya dan sebelum salam melakukan sujud sahwi. 

B. Sujud Tilawah. 

Pada saat shalat jama'ah, imam membaca ayat sajdah tetapi tidak melakukan sujud tilawah, maka sebagai makmum yang dilakukan adalah mengikuti imam tidak melakukan sujud, karena melaksanakan sujud tilawah hukumnya sunnah. 

Penyebab melaksanakan sujud tilawah yaitu: 

  1. Ketika membaca ayat-ayat sajdah. 
  2. Mendengar ayat-ayat sajdah. 

Sujud tilawah dilakukan karena membaca atau mendengar ayat-ayat sajdah, baik di dalam maupun di luar shalat. Adapun ayat-ayat sajdah yang ada di dalam Al-Qur'an berjumlah 15 surat yaitu: 

  1. QS. Al-A'raf/7 ayat 206. 
  2. QS. Ar-Ra'd/13 ayat 15. 
  3. QS. An-Nahl/16 ayat 49. 
  4. QS. Al-Isra'/17 ayat 109. 
  5. QS. Al-Hajj/22 ayat 18. 
  6. QS. Al-Hajj/22 ayat 77. 
  7. QS. Maryam/19 ayat 58. 
  8. QS. Al-Furqan/25 ayat 60. 
  9. QS. An-Naml/27 ayat 25. 
  10. QS. As-Sajdah/32 ayat 15. 
  11. QS. Shad/38 ayat 24. 
  12. QS. Fushshilat/41 ayat 38. 
  13. QS. An-Najm/53 ayat 62. 
  14. QS. Al-Insyiqaq/84 ayat 21. 
  15. QS. Al-'Alaq/96 ayat 19. 

Surat dalam Al-Qur'an yang terdapat dua ayat sajdah adalah QS. Al-Hajj. 

Contoh pelaksanaan sujud tilawah dalam kehidupan sehari-hari: 

  • Nana adalah seorang siswi yang taat beribadah dan rajin membaca Al-Qur'an. Suatu ketika ia membaca Al-Qur'an sampai pada ayat sajdah, lalu ia langsung melakukan sujud tilawah. 

C. Sujud Syukur. 

Penyebab melaksanakan sujud syukur antara lain: 

  1. Memperoleh nikmat. 
  2. Terhindar dari bahaya bencana alam. 

Contoh pelaksanaan sujud syukur dalam kehidupan sehari-hari: 

  • Pada saat menerima pengumuman hasil ujian seorang siswa SMP ternyata memperoleh nilai yang memuaskan. 
  • Betapa senang hati Riyan melihat namanya muncul sebagai juara 1 lomba Olimpiade Sains tingkat Provinsi. 

~BAB 5 - DAMASKUS: PUSAT PERADABAN TIMUR ISLAM (661-750 M)~ 

Bani Umayyah berasal dari nama nenek moyangnya yang bernama Mu'awiyah bin Abu Sufyan bin Harb bin Abdul Manaf. 

Kesepakatan antara Hasan bin 'Ali dengan Mu'awiyah, sepeninggal Mu'awiyah, pemerintahan harus dikembalikan ke tangan ummat Islam yang terkenal dengan ‘Am al-Jama’ah. 

Dalam Al-Qur’an surat Ar-Ra'd/13 ayat 11 dinyatakan bahwa Allah SWT tidak akan mengubah keadaan suatu kaum sehingga mereka mengubah keadaannya sendiri. 

Pada tahun 711 M, Thariq bin Ziyad berhasil menduduki sebuah selat antara Afrika dan Spanyol, yaitu Selat Gibraltar, yang diambil dari Jabal Thariq. 


Panglima perang Bani Umayyah yang bernama Thariq bin Ziyad diabadikan menjadi nama sebuah selat. 

26 Oktober 2023

Survei Guru PAI: Implementasi Moderasi Beragama dalam Pembelajaran PAI di Sekolah

Kamis, 26 Oktober 2023 at 19.52 WIB - Berdasarkan Surat Kementerian Agama Provinsi DKI Jakarta Nomor: B-14009/KW.09.3/I/HM.01/10/2023 Tanggal 26 Oktober 2023 perihal Pengisian Survei Implementasi Moderasi Beragama, maka surat pemberitahuan ini ditujukan kepada seluruh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten/Kota se-DKI Jakarta untuk diinformasikan kembali kepada seluruh Pengawas guna pengisian link survey terhadap Guru Pendidikan Agama Islam binaannya, salah satunya Musyawarah Guru Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Jatinegara. Berikut isi dalam surat tersebut: 

Assalamu'alaikum Wr. Wb. 

Menindaklanjuti Surat Direktur Pendidikan Agama Islam pada Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama Republik Indonesia Nomor: B-5006/DJ.I/Dt.I.IV/HM.01/10/2023 Tanggal 23 Oktober 2023 perihal Pengisian Survei Implementasi Moderasi Beragama, maka kami sampaikan surat dimaksud untuk disampaikan ke Guru PAI di wilayah Saudara. 

Demikian surat ini kami sampaikan, atas perhatian dan kerjasamanya kami ucapkan terima kasih. 

Wassalamu'alaikum Wr. Wb. 

Surat tersebut ditandatangani oleh Ahmad Jahid selaku perwakilan Kepala Kantor Wilayah, Plt. Kepala Bidang Pendidikan Agama dan Pendidikan Keagamaan Islam. Dengan tembusan Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama Provinsi DKI Jakarta. 

Link Survey Moderasi Beragama untuk semua Guru / Kepala Sekolah dari Pendidikan Agama Islam, bukan perwakilan di sekolahnya, maksudnya adalah diperuntukkan setiap individunya. 

Tujuan survei ini dilakukan adalah untuk mengetahui implementasi moderasi beragama dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di satuan pendidikan. Pengisian survei ini sesuai dengan kondisi yang sebenarnya sesuai pengetahuan dan pengalaman para Guru atau Kepala Sekolah dari Pendidikan Agama Islam. 

Hasil survei akan dipergunakan sebagai bahan evaluasi peningkatan implementasi moderasi beragama dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di sekolah. Para responden adalah semua Guru Pendidikan Agama Islam (GPAI) pada jenjang TK/PAUD, SD, SMP, SMA, SMK, atau SLB di seluruh Indonesia. 

Jawaban survei ini tidak berpengaruh terhadap status, karir, dan jenjang kepangkatan responden. Survei akan tetap menjaga kerahasiaan sumber data dan informasi responden. Pengisian hanya berlaku satu kali untuk setiap Guru Pendidikan Agama Islam (GPAI). Ketika menerima link survei dari sumber manapun, Guru Pendidikan Agama Islam (GPAI) dapat langsung mengakses dan memulai pengisiannya dengan mengikuti petunjuk yang sudah tersedia. 

Pengisian survei ini akan dimulai pada 26 Oktober 2023 dan berakhir atau ditutup pada 10 November 2023. Pastikan data identitas responden harus diisi dengan benar. Jika bertugas di lebih dari satu satuan pendidikan, pastikan responden hanya merujuk pada sekolah yang responden isikan dalam instrumen. Membaca dengan cermat setiap pertanyaan atau pernyataan yang ada pada instrumen survei. Dan memastikan semua pertanyaan atau pernyataan yang tersedia dijawab atau diisi semua. 

Sumber: Muslikhun.

29 September 2023

SMPN 14 Kelas 8B: Memperingati Maulid Nabi 1445 H

Jum'at, 29 September 2023 - SMP Negeri 14 Jakarta menyelenggarakan kegiatan memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW 1445 H, dengan tema "Mewujudkan Budaya Religius di Sekolah dengan Penerapan Akhlaqul Karimah Sunnah Rasulullah SAW". Adapun rangkaian acaranya sebagai berikut: 

  • Pembacaan Yasin. 
  • Penampilan tim Hadroh. 
  • Ceramah yang bertemakan "Mewujudkan Budaya Religius di Sekolah dengan Penerapan Akhlaqul Karimah Sunnah Rasulullah SAW." 

Kegiatan ini menghadirkan penceramah Ustadz Abdul Azis Afrizal, M.Pd. untuk memberikan tausiah dan motivasi kepada peserta didik. Para peserta didik juga ditugaskan untuk memberikan catatan selama pemberian tausiah berlangsung. Berikut kumpulan hasil catatan selama tausiah berlangsung: 

Rasulullah SAW turun ke muka bumi untuk meluruskan akhlak manusia. Budaya Religius adalah membudidayakan budaya Islam. 

Apabila kita bertemu Nabi Muhammad SAW kenapa yaa? Nabi Muhammad SAW wajahnya terang seperti matahari, tapi tidak terang tetapi seperti juga bulan. 

Kiamat akan datang pada tahun 1500 H. Kiamat yang terjadi pada hari Jum'at. Rasulullah SAW pernah berkata kepada sababatnya, "Yaa sahabat, kiamat akan terjadi pada waktu sebelum 1500 H". Ada lima zaman dimana yang harus dilalui, yakni: 

  1. Zaman nubuah, zaman para nabi, berjumlah 127.000 nabi dan 315 rasul. 
  2. Zaman khilafah, seperti Sayyiidina Abu Bakar, Sayyiidina Umar bin Khattab, Sayyiidina Utsman bin 'Affan, dan Sayyiidina Ali bin Abi Thalib. 
  3. Zaman kerajaan. 
  4. Zaman Zababiroh (benar jadi salah, salah jadi benar). 
  5. Akhir zaman, yang mana belum kita lalui. 

Orang yang sering mengikuti pengajian maulid pahalanya seperti orang yang melaksanakan shalat 1.000 rakaat. Air yang ada di pengajian Maulid Nabi Muhammad SAW adalah air yang mengandung keberkahan. 

Dalam bab Fiqih ada pelajaran tentang kentut yang terbagi kentut yang suaranya besar (biasanya orang yang berbadan gendut); ada juga kentut yang tidak bersuara tetapi sangat bau; kentut yang ditahan; dan yang terakhir adalah kentut dengan suara besar namun sangat bau. Jadi, ketika ada orang yang kentut atau buang gas, jangan pernah diomeli melainkan harus dinikmati. 

Indonesia saat ini sedang diserang dengan ideologi krisis akhlak. Krisis akhlak di dunia pendidikan karena pacaran. Jaman sekarang banyak anak muda yang sudah tidak malu untuk berpegangan tangan di depan umum. Jika kita saat berpacaran berdua maka pasti akan ada orang ketiga. Siapa itu orang ketiga? Yaitu Syaiton. Lebih parahnya banyak anak-anak yang sampai hamil di luar nikah. 

Yang harus dilakukan dalam penerapan akhlaqul karimah Rasulullah SAW sebagai berikut: 

  • Meluruskan akhlak. 
  • Tidak boleh pacaran.  
  • Kalau minum membiasakan membaca Bismillaah. 
  • Hindari yang namanya maksiat. 

***

Sumber: Peserta Didik SMP Negeri 14 Jakarta Kelas 8B. 

Kelas 8B: Amelia Rahmadani, Amirah Fatin Haniah, Andini Arfiyani, Andrea Kusumaningtyas, Arini Shafa Kinanty, Aulia Farhana, Badriah Putri Kamal, Cinta Adeliana Djunra, Devi Nur Aini, Istifa Syauqiya, Kanahaya Azzura Tsaniyah, Mohamad Iqbal, Muhammad Nazriel Irham, Muhammad Raffa Ramadhan, Muhammad Yusuf Habibie, Nabil Esa Putra, Poetra Ardiansyah, Raffi Ahmad, Seno Sandhika Putra, Syafa Maulida Rahmah. 

Editor: Muafi.