Sosialisasi EMIS 4.0 - BTQ

MGMP PAI - Senin, 20 November 2023.

Lomba Kaligrafi

MGMP PAI - Sabtu, 16 September 2023.

This is default featured slide 3 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.

This is default featured slide 4 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.

This is default featured slide 5 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.

09 Mei 2025

KBM Kelas 7B Genap TA. 2024/2025

Assalamu'alaikum Warahmatullaahi Wabarakaatuh. Semangat pagi sobat pelajar semua. Kali ini admin akan membagikan hasil pembelajaran tatap muka mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas 7B pada pertemuan Semester 2 (Genap) Tahun Ajaran 2025/2026. 

Daftar peserta didik kelas 7B sebagai berikut: 

  1. Abdul Fatah. 
  2. Adelia Ramadhani. 
  3. Arumi Fayla Sufa. 
  4. Azhar Fathurahman Nafi. 
  5. Bayu Putra Setyawan. 
  6. Bill Gates Kadmaer*. 
  7. Chelsea Natasya Halim. 
  8. Darma Prasetyo. 
  9. Devina Intan Pratiwi. 
  10. Dzaki Natja Luthfi. 
  11. Fachri Wibowo. 
  12. Fasha Rezky Ramadhan. 
  13. Hanifah Tusyadiah. 
  14. Irsyad Arfansyah. 
  15. Kanahaya. 
  16. Kaysan Raza Nabil. 
  17. Lutfie Anandtha Syahrial. 
  18. Manis Putri Syahbani. 
  19. Maulana Putra. 
  20. Muhammad Arif. 
  21. Muhammad Rava Al Farizi. 
  22. Nadine Claudia Sanjaya. 
  23. Nayra Putri Ardani. 
  24. Nesya Azalia Azis. 
  25. Rafka Alhadi. 
  26. Rahayu Tri Apsari. 
  27. Rieke Rahmawati. 
  28. Rizqy Abi Manyu. 
  29. Siti Fakhirah Zahratunnisa. 
  30. Syafa Aulia. 
  31. Syahnia Wijaya. 
  32. Yusrina Kautsar. 
  33. Zhafira Meyshila Rizky. 

Jadwal pertemuan kegiatan pembelajaran di kelas ini dilaksanakan setiap hari Kamis pada jam ke-6, 7, dan 8 pukul 11.00 s/d 13.15 WIB. 


10 April 2025: Evaluasi pembelajaran sebelum liburan bulan Ramadhan. 


17 April 2025: 

Kegiatan pembelajaran: 

  • Membuka dengan salam. 
  • Memulai dengan Basmallah dan do'a. 
  • Melakukan absensi peserta didik. 

Tugas peserta didik: 

  • Literasi baca selama 15 menit pada Bab 8 tentang Menghindari Ghibah dan Melaksanakan Tabayyun. 
  • Mengerjakan tugas hal. 192 bagian essay 5 soal. 


24 April 2025: 

Tugas peserta didik: 

  • Menyalin QS. Al-Hujurat/49 ayat 12 beserta harakat dan terjemahannya. 


1 Mei 2025: L I B U R. 


8 Mei 2025: 

Kegiatan pembelajaran: 

  • Membuka dengan salam. 
  • Mengawali dengan do'a sebelum belajar dan basmallaah. 
  • Absensi peserta didik. 

Tugas peserta didik: 

  1. Kerjakan bagian essay hal. 221 tentang materi bab rukhshah. 


15 Mei 2025: 


Sumber: Guru PAI.

07 Mei 2025

KBM Kelas 8B Genap TA. 2024/2025

Assalamu'alaikum Warahmatullaahi Wabarakaatuh. Semangat pagi sobat pelajar semua. Berikut hasil kegiatan belajar mengajar tatap muka, mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas 8B pada pertemuan di Semester 2 (Genap) Tahun Ajaran 2025/2026. 

Jadwal pertemuan kegiatan pembelajaran di kelas 8B, dilaksanakan setiap hari Senin jam ke-3 pukul 08.30 WIB. 

5 Mei 2025: 

Kegiatan pembelajaran: 

  • Diawali dengan salam pembuka. 
  • Dilanjutkan dengan Basmallaah dan do'a sebelum belajar. 
  • Melakukan absensi peserta didik. 
  • Pembahasan dan penjelasan Bab 9 - Menjadi Pribadi yang Dapat Dipercaya serta Terhindar dari Riba dalam Jual Beli dan Hutang Piutang. Metode yang dipakai diskusi dan ceramah. 

Sumber: Guru PAI.

23 April 2025

Jadwal Majelis Tahsin

Bismillaahirrohmaanirrohiim. 

Mengingatkan kembali jadwal Majelis Tahsin, malam nanti via Zoom bersama Bapak KH. Muhsin Salim, MA. 

Setiap Rabu Malam, Pukul 20.00 WIB s/d selesai via Zoom Meeting

Meeting ID: 841 8474 1768 | Passcode: tahsin. 

Narahubung: 

Admin: Bu Mufi - 0813 8809 6035 | IT Support: Pak Sisco - 0813 1455 4293. 

"Barang siapa yang menempuh suatu jalan untuk menuntut ilmu, maka Allah Subhanallaahu Wa Ta'ala akan memudahkan baginya jalan menuju surga." (HR. Muslim No. 2699). 

Sumber: Lia.

22 April 2025

KBM Kelas 7D Genap TA. 2024/2025

Assalamu'alaikum Warahmatullaahi Wabarakaatuh. Semangat pagi sobat pelajar semua. Berikut hasil kegiatan belajar mengajar tatap muka, mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas 7D pada pertemuan di Semester 2 (Genap) Tahun Ajaran 2025/2026. Jadwal pertemuan kegiatan pembelajaran di kelas tersebut, dilaksanakan setiap hari Selasa. 


15 April 2025: 

  • Membuka dengan salam. 
  • Memulai dengan Basmallaah dan do'a sebelum belajar. 
  • Melakukan absensi peserta didik. 
  • Literasi selama 15 menit pada Bab 8 tentang Menghindari Ghibah dan Melaksanakan Tabayyun. 
  • Tes lisan dengan materi yang sudah dibaca oleh peserta didik. 


22 April 2025: 

Kegiatan pembelajaran: 

  • Membuka dengan salam. 
  • Memulai dengan Basmallaah dan do'a sebelum belajar. 
  • Melakukan absensi peserta didik. 
  • Pengambilan nilai praktek baca Qur'an surat Al-Hujurat ayat 12 tentang Ghibah dan QS. Al-Hujurat ayat 6 tentang Tabayyun. 
  • Memberikan tugas kepada peserta didik. 

Tugas peserta didik: 

  1. Salinlah QS. Al-Hujurat ayat 12 tentang Ghibah, lengkap syakal (harakat), terjemahan, dan sumbernya. 
  2. Salinlah Hadits tentang Ghibah, lengkap syakal (harakat), terjemahan, dan sumbernya. 
  3. Salinlah QS. Al-Hujurat ayat 6 tentang Tabayyun, lengkap syakal (harakat), terjemahan, dan sumbernya. 
  4. Salinlah Hadits tentang Tabayyun, lengkap syakal (harakat), terjemahan, dan sumbernya. 
  5. Carilah hukum bacaan tajwid pada QS. Al-Hujurat ayat 12 dan QS. Al-Hujurat ayat 6. 


14 Mei 2025: 

Kegiatan pembelajaran: 

  • Membuka pembelajaran dengan salam. 
  • Diawali dengan basmallaah dan do'a sebelum belajar. 
  • Menanyakan ke peserta didik terkait evaluasi pembelajaran sebelumnya. 

Ada 2 tugas yang belum dikoreksi pada hal. 192 dan 5 soal

Sumber: Guru PAI.

12 Maret 2025

Kisi-Kisi Kelas 8 Kurmer Tengah Semester Genap 2025

Berikut kisi-kisi kelas 8 ujian tengah semester genap: 

1. Membaca Al-Qur'an sesuai dengan ilmu tajwid hukumnya adalah Fardhu 'Ain. 

2. Yang termasuk hukum bacaan mim sukun adalah Ikhfa Syafawi, Idzhar Syafawi, dan Idgham Mitslain. 

3. Berdasarkan surat Al-Baqarah ayat 143, ummat Islam hendaknya selalu menerapkan sikap moderat. 

4. Dimensi adil yang bermakna proporsional adalah memberikan tugas sesuai dengan kemampuan dan memberikan hak kepada pemiliknya. 

5. Ummat Islam hendaknya mencerminkan sebagai ummatan wasathan, yaitu mementingkan dunia dan akhirat. 

6. Salah satu hukum bacaan tajwid adalah Ikhfa, yaitu hukum bacaan nun sukun atau tanwin yang dibaca samar-samar. 

7. Penerapan sikap moderat bagi ummat Islam merupakan perintah Allah SWT, yang terdapat pada surat Al-Baqarah ayat 143. 

8. Sikap yang tepat ketika menghadapi perbedaan pendapat dalam beragama adalah berdialog dengan santun. 

9. Contoh penerapan moderasi beragama dalam kehidupan sehari-hari adalah berpartisipasi dalam kegiatan sosial lintas agama. 

10. Tantangan dalam menerapkan moderasi beragama adalah radikalisme dan ekstremisme. 

11. Cara menyikapi perbedaan dalam ritual keagamaan adalah menghormati dan tidak mengganggu. 

12. Peran pemuda dalam moderasi beragama adalah menjadi agen perdamaian dan toleransi. 

13. Moderasi beragama dalam media sosial dapat diwujudkan dengan membagikan konten positif tentang kerukunan. 

14. Dampak negatif dari sifat ekstrem dalam beragama adalah menciptakan perpecahan dan konflik. 

15. Cara merespon provokasi berbau SARA adalah memverifikasi informasi dan bersikap bijak. 

16. Nilai-nilai moderasi beragama selaras dengan Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika. 

17. Dalam konteks pendidikan, moderasi beragama berarti menghormati keragaman dan mengembangkan sikap inklusif. 

18. Moderasi beragama mendukung perdamaian dan kerukunan. 

19. Sikap moderat dalam beragama membantu mencegah radikalisme dan ekstremisme. 

20. Peran keluarga dalam moderasi beragama yaitu menanamkan nilai toleransi dan kasih sayang. 

21. Yang dimaksud Nabi dan Rasul Allah adalah manusia pilihan Allah SWT yang menerima wahyu untuk dirinya sendiri dan ummatnya. 

22. Jumlah Nabi dan Rasul yang wajib diketahui ummat Islam sebanyak 25 orang. 

23. Perbedaan utama antara Nabi dan Rasul adalah Nabi menerima wahyu untuk dirinya sendiri, Rasul menerima wahyu untuk disampaikan kepada ummatnya. 

24. Cara meyakini Nabi dan Rasul di era digital adalah mengikuti dan mengamalkan ajaran mereka sambil memanfaatkan teknologi secara positif. 

25. Sifat wajib yang dimiliki oleh para Nabi dan Rasul adalah Shiddiq, Amanah, Tabligh, dan Fathanah. 

26. Cara menerapkan sifat Shiddiq di media sosial yaitu selalu memposting informasi yang benar dan terverifikasi. 

27. Contoh penerapan sifat Amanah dalam penggunaan teknologi adalah menjaga privasi dan keamanan data digital. 

28. Cara meneladani sifat Tabligh di era digital yaitu menyebarkan dakwah dan ilmu yang bermanfaat melalui media sosial. 

29. Pentingnya sifat Fathanah dalam menggunakan teknologi adalah menggunakan teknologi dengan bijak dan cerdas. 

30. Cara menjadi generasi digital yang berkarakter adalah mengintegrasikan nilai-nilai keislaman dengan teknologi modern. 

31. Tantangan terbesar dalam mengikuti teladan Nabi di era digital sebagai berikut: 

  1. Terlalu banyak informasi yang membingungkan. 
  2. Sulitnya membedakan informasi benar dan salah. 
  3. Godaan untuk melakukan hal negatif lebih besar. 

32. Cara mempertahankan akhlak mulia di media sosial adalah berkomentar sopan dan membangun. 

33. Yang harus dilakukan ketika menemukan informasi tentang Nabi di internet adalah memverifikasi kebenarannya terlebih dahulu dari sumber terpercaya. 

34. Cara menghindari hoaks tentang sejarah Nabi dan Rasul adalah mengecek kebenaran dari ulama dan kitab terpercaya. 

35. Manfaat mempelajari kisah Nabi dan Rasul di era digital adalah mendapatkan inspirasi untuk kehidupan modern. 

36. Cara menyikapi perbedaan pendapat tentang Nabi di media sosial adalah mendiskusikan dengan santun dan ilmiah. 

37. Peran teknologi dalam mempelajari sejarah Nabi dan Rasul untuk memudahkan akses ke sumber pembelajaran. 

38. Cara menjaga keimanan kepada Nabi dan Rasul di era digital adalah rutin membaca dan mengkaji kisah mereka dari sumber terpercaya. 

39. Sikap yang tepat terhadap konten yang menghina Nabi di media sosial adalah melaporkan konten tersebut dan tidak ikut menyebarkan. 

40. Cara menerapkan ajaran Nabi dalam bermedia sosial adalah bersikap baik dan menyebarkan kebaikan. 

41. Yang dimaksud dengan toleransi beragama menurut ajaran Islam adalah menghormati perbedaan keyakinan tanpa mengorbankan akidah. 

42. Dalam surat Al-Kafirun ayat 6 menyebutkan, "Untukmu agamamu, dan untukku agamaku." Makna utama dari ayat ini adalah pengakuan akan keberagaman keyakinan. 

43. Cara terbaik menyikapi perbedaan keyakinan dalam kehidupan bermasyarakat adalah bersikap toleran namun tetap berpegang teguh pada keyakinan diri sendiri. 

44. Hadits Nabi Muhammad SAW menyebutkan bahwa, "Barangsiapa yang menyakiti kaum dzimmi (non-muslim), maka ia telah menyakiti Allah SWT dan Rasul-Nya." 

45. Contoh penerapan toleransi beragama yang tepat di sekolah adalah menghormati teman yang sedang beribadah. 

46. Dalam surat Al-Hujurat ayat 13, disebutkan bahwa Allah SWT menciptakan manusia berbangsa-bangsa dan bersuku-suku untuk saling mengenal. 

47. Sikap yang benar ketika ada perayaan hari besar agama lain adalah mengucapkan selamat tanpa mengikuti ritual. 

48. Manfaat membangun harmoni antar ummat beragama adalah mewujudkan kedamaian dalam masyarakat. 

49. Cara menjaga kerukunan antar ummat beragama menurut Islam adalah saling menghormati dan menjaga perdamaian. 

50. Yang dimaksud dengan "berlomba-lomba dalam kebaikan" dalam konteks toleransi beragama adalah berbuat baik kepada semua orang tanpa memandang agama. 

Sumber: Admin - Magic School.