Sosialisasi EMIS 4.0 - BTQ

MGMP PAI - Senin, 20 November 2023.

Lomba Kaligrafi

MGMP PAI - Sabtu, 16 September 2023.

This is default featured slide 3 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.

This is default featured slide 4 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.

This is default featured slide 5 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.

23 April 2025

Jadwal Majelis Tahsin

Bismillaahirrohmaanirrohiim. 

Mengingatkan kembali jadwal Majelis Tahsin, malam nanti via Zoom bersama Bapak KH. Muhsin Salim, MA. 

Setiap Rabu Malam, Pukul 20.00 WIB s/d selesai via Zoom Meeting

Meeting ID: 841 8474 1768 | Passcode: tahsin. 

Narahubung: 

Admin: Bu Mufi - 0813 8809 6035 | IT Support: Pak Sisco - 0813 1455 4293. 

"Barang siapa yang menempuh suatu jalan untuk menuntut ilmu, maka Allah Subhanallaahu Wa Ta'ala akan memudahkan baginya jalan menuju surga." (HR. Muslim No. 2699). 

Sumber: Lia.

22 April 2025

KBM Kelas 7D Genap TA. 2024/2025

Assalamu'alaikum Warahmatullaahi Wabarakaatuh. Semangat pagi sobat pelajar semua. Berikut hasil kegiatan belajar mengajar tatap muka, mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas 7D pada pertemuan di Semester 2 (Genap) Tahun Ajaran 2025/2026. Jadwal pertemuan kegiatan pembelajaran di kelas tersebut, dilaksanakan setiap hari Selasa. 


15 April 2025: 

  • Membuka dengan salam. 
  • Memulai dengan Basmallaah dan do'a sebelum belajar. 
  • Melakukan absensi peserta didik. 
  • Literasi selama 15 menit pada Bab 8 tentang Menghindari Ghibah dan Melaksanakan Tabayyun. 
  • Tes lisan dengan materi yang sudah dibaca oleh peserta didik. 


22 April 2025: 

Kegiatan pembelajaran: 

  • Membuka dengan salam. 
  • Memulai dengan Basmallaah dan do'a sebelum belajar. 
  • Melakukan absensi peserta didik. 
  • Pengambilan nilai praktek baca Qur'an surat Al-Hujurat ayat 12 tentang Ghibah dan QS. Al-Hujurat ayat 6 tentang Tabayyun. 
  • Memberikan tugas kepada peserta didik. 

Tugas peserta didik: 

  1. Salinlah QS. Al-Hujurat ayat 12 tentang Ghibah, lengkap syakal (harakat), terjemahan, dan sumbernya. 
  2. Salinlah Hadits tentang Ghibah, lengkap syakal (harakat), terjemahan, dan sumbernya. 
  3. Salinlah QS. Al-Hujurat ayat 6 tentang Tabayyun, lengkap syakal (harakat), terjemahan, dan sumbernya. 
  4. Salinlah Hadits tentang Tabayyun, lengkap syakal (harakat), terjemahan, dan sumbernya. 
  5. Carilah hukum bacaan tajwid pada QS. Al-Hujurat ayat 12 dan QS. Al-Hujurat ayat 6. 


14 Mei 2025: 

Kegiatan pembelajaran: 

  • Membuka pembelajaran dengan salam. 
  • Diawali dengan basmallaah dan do'a sebelum belajar. 
  • Menanyakan ke peserta didik terkait evaluasi pembelajaran sebelumnya. 

Ada 2 tugas yang belum dikoreksi pada hal. 192 dan 5 soal

Sumber: Guru PAI.

12 Maret 2025

Kisi-Kisi Kelas 8 Kurmer Tengah Semester Genap 2025

Berikut kisi-kisi kelas 8 ujian tengah semester genap: 

1. Membaca Al-Qur'an sesuai dengan ilmu tajwid hukumnya adalah Fardhu 'Ain. 

2. Yang termasuk hukum bacaan mim sukun adalah Ikhfa Syafawi, Idzhar Syafawi, dan Idgham Mitslain. 

3. Berdasarkan surat Al-Baqarah ayat 143, ummat Islam hendaknya selalu menerapkan sikap moderat. 

4. Dimensi adil yang bermakna proporsional adalah memberikan tugas sesuai dengan kemampuan dan memberikan hak kepada pemiliknya. 

5. Ummat Islam hendaknya mencerminkan sebagai ummatan wasathan, yaitu mementingkan dunia dan akhirat. 

6. Salah satu hukum bacaan tajwid adalah Ikhfa, yaitu hukum bacaan nun sukun atau tanwin yang dibaca samar-samar. 

7. Penerapan sikap moderat bagi ummat Islam merupakan perintah Allah SWT, yang terdapat pada surat Al-Baqarah ayat 143. 

8. Sikap yang tepat ketika menghadapi perbedaan pendapat dalam beragama adalah berdialog dengan santun. 

9. Contoh penerapan moderasi beragama dalam kehidupan sehari-hari adalah berpartisipasi dalam kegiatan sosial lintas agama. 

10. Tantangan dalam menerapkan moderasi beragama adalah radikalisme dan ekstremisme. 

11. Cara menyikapi perbedaan dalam ritual keagamaan adalah menghormati dan tidak mengganggu. 

12. Peran pemuda dalam moderasi beragama adalah menjadi agen perdamaian dan toleransi. 

13. Moderasi beragama dalam media sosial dapat diwujudkan dengan membagikan konten positif tentang kerukunan. 

14. Dampak negatif dari sifat ekstrem dalam beragama adalah menciptakan perpecahan dan konflik. 

15. Cara merespon provokasi berbau SARA adalah memverifikasi informasi dan bersikap bijak. 

16. Nilai-nilai moderasi beragama selaras dengan Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika. 

17. Dalam konteks pendidikan, moderasi beragama berarti menghormati keragaman dan mengembangkan sikap inklusif. 

18. Moderasi beragama mendukung perdamaian dan kerukunan. 

19. Sikap moderat dalam beragama membantu mencegah radikalisme dan ekstremisme. 

20. Peran keluarga dalam moderasi beragama yaitu menanamkan nilai toleransi dan kasih sayang. 

21. Yang dimaksud Nabi dan Rasul Allah adalah manusia pilihan Allah SWT yang menerima wahyu untuk dirinya sendiri dan ummatnya. 

22. Jumlah Nabi dan Rasul yang wajib diketahui ummat Islam sebanyak 25 orang. 

23. Perbedaan utama antara Nabi dan Rasul adalah Nabi menerima wahyu untuk dirinya sendiri, Rasul menerima wahyu untuk disampaikan kepada ummatnya. 

24. Cara meyakini Nabi dan Rasul di era digital adalah mengikuti dan mengamalkan ajaran mereka sambil memanfaatkan teknologi secara positif. 

25. Sifat wajib yang dimiliki oleh para Nabi dan Rasul adalah Shiddiq, Amanah, Tabligh, dan Fathanah. 

26. Cara menerapkan sifat Shiddiq di media sosial yaitu selalu memposting informasi yang benar dan terverifikasi. 

27. Contoh penerapan sifat Amanah dalam penggunaan teknologi adalah menjaga privasi dan keamanan data digital. 

28. Cara meneladani sifat Tabligh di era digital yaitu menyebarkan dakwah dan ilmu yang bermanfaat melalui media sosial. 

29. Pentingnya sifat Fathanah dalam menggunakan teknologi adalah menggunakan teknologi dengan bijak dan cerdas. 

30. Cara menjadi generasi digital yang berkarakter adalah mengintegrasikan nilai-nilai keislaman dengan teknologi modern. 

31. Tantangan terbesar dalam mengikuti teladan Nabi di era digital sebagai berikut: 

  1. Terlalu banyak informasi yang membingungkan. 
  2. Sulitnya membedakan informasi benar dan salah. 
  3. Godaan untuk melakukan hal negatif lebih besar. 

32. Cara mempertahankan akhlak mulia di media sosial adalah berkomentar sopan dan membangun. 

33. Yang harus dilakukan ketika menemukan informasi tentang Nabi di internet adalah memverifikasi kebenarannya terlebih dahulu dari sumber terpercaya. 

34. Cara menghindari hoaks tentang sejarah Nabi dan Rasul adalah mengecek kebenaran dari ulama dan kitab terpercaya. 

35. Manfaat mempelajari kisah Nabi dan Rasul di era digital adalah mendapatkan inspirasi untuk kehidupan modern. 

36. Cara menyikapi perbedaan pendapat tentang Nabi di media sosial adalah mendiskusikan dengan santun dan ilmiah. 

37. Peran teknologi dalam mempelajari sejarah Nabi dan Rasul untuk memudahkan akses ke sumber pembelajaran. 

38. Cara menjaga keimanan kepada Nabi dan Rasul di era digital adalah rutin membaca dan mengkaji kisah mereka dari sumber terpercaya. 

39. Sikap yang tepat terhadap konten yang menghina Nabi di media sosial adalah melaporkan konten tersebut dan tidak ikut menyebarkan. 

40. Cara menerapkan ajaran Nabi dalam bermedia sosial adalah bersikap baik dan menyebarkan kebaikan. 

41. Yang dimaksud dengan toleransi beragama menurut ajaran Islam adalah menghormati perbedaan keyakinan tanpa mengorbankan akidah. 

42. Dalam surat Al-Kafirun ayat 6 menyebutkan, "Untukmu agamamu, dan untukku agamaku." Makna utama dari ayat ini adalah pengakuan akan keberagaman keyakinan. 

43. Cara terbaik menyikapi perbedaan keyakinan dalam kehidupan bermasyarakat adalah bersikap toleran namun tetap berpegang teguh pada keyakinan diri sendiri. 

44. Hadits Nabi Muhammad SAW menyebutkan bahwa, "Barangsiapa yang menyakiti kaum dzimmi (non-muslim), maka ia telah menyakiti Allah SWT dan Rasul-Nya." 

45. Contoh penerapan toleransi beragama yang tepat di sekolah adalah menghormati teman yang sedang beribadah. 

46. Dalam surat Al-Hujurat ayat 13, disebutkan bahwa Allah SWT menciptakan manusia berbangsa-bangsa dan bersuku-suku untuk saling mengenal. 

47. Sikap yang benar ketika ada perayaan hari besar agama lain adalah mengucapkan selamat tanpa mengikuti ritual. 

48. Manfaat membangun harmoni antar ummat beragama adalah mewujudkan kedamaian dalam masyarakat. 

49. Cara menjaga kerukunan antar ummat beragama menurut Islam adalah saling menghormati dan menjaga perdamaian. 

50. Yang dimaksud dengan "berlomba-lomba dalam kebaikan" dalam konteks toleransi beragama adalah berbuat baik kepada semua orang tanpa memandang agama. 

Sumber: Admin - Magic School.

08 Januari 2025

Pertemuan Minggu Ke-1 Semester Genap Januari 2025

Assalamu'alaikum Warahmatullaahi Wabarakaatuh. Semangat pagi sobat pelajar semua. Kali ini admin akan membagikan hasil pembelajaran tatap muka mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti pada pertemuan minggu ke-1 di bulan Januari 2025. 

Senin, 6 Januari 2025: 

Kelas 8B: 

  • Membuka kegiatan belajar mengajar dengan membaca Basmallaah (Bismillaahirrohmaanirrohiim). 
  • Melakukan absensi kehadiran peserta didik. 
  • Penyajian Konsep Peta Materi Semester Genap. 
  • Peserta didik mencatat peta materi semester genap pada buku catatan Pendidikan Agama Islam. 
  • Peserta didik membaca dan mengucapkan QS. Al-Baqarah/2 ayat 143 dengan mengikuti gurunya yang membimbing bacaan dengan benar dan tajwid. 
  • Peserta didik ditugaskan untuk menyalin ayat pada QS. Al-Baqarah/2 ayat 143 pada buku catatan Pendidikan Agama Islam tentang Bab Inspirasi Al-Qur'an: Indahnya Beragama Secara Moderat. 

Selasa, 7 Januari 2025: 

Kelas 7D: 

  • Membuka kegiatan belajar mengajar (KBM) dengan membaca do'a yang dipimpin oleh Ketua Kelas. 
  • Melakukan absensi kehadiran peserta didik. 
  • Melaporkan rekap peserta didik yang tidak hadir di dalam kelas (Sakit, Ijin, dan Alpa) kepada guru piket (Ibu Anisah, S.Ag.). 
  • Memberikan instruksi kepada peserta didik untuk mencatat peta materi pada semester genap, dengan tujuan agar peserta didik mengingat apa yang akan dipelajari nantinya. 
  • Menginstruksikan peserta didik untuk menyalin QS. Al-Anbiya'/21 ayat 30 dan QS. Al-A'raf/7 ayat 54 beserta artinya di buku catatan Pendidikan Agama Islam, pada Bab Alam Semesta Sebagai Tanda Kekuasaan Allah SWT. 

Rabu, 8 Januari 2025: 

Kelas 8A: 

  • Membuka kegiatan belajar mengajar dengan membaca Basmallaah (Bismillaahirrohmaanirrohiim). 
  • Melakukan absensi kehadiran peserta didik. 
  • Peserta didik mencatat konsep peta materi semester genap pada buku catatan Pendidikan Agama Islam. 
  • Peserta didik membuka buku hal. 145, ditugaskan untuk menyalin ayat pada QS. Al-Baqarah/2 ayat 143 pada buku catatan Pendidikan Agama Islam tentang Bab Inspirasi Al-Qur'an: Indahnya Beragama Secara Moderat. 
  • Peserta didik membaca dan mengucapkan QS. Al-Baqarah/2 ayat 143 dengan mengikuti gurunya yang membimbing bacaan dengan benar dan tajwid. 

Sumber: Muafi77.

04 Januari 2025

QS. Al-Hadid Ayat 20 Tentang Dunia Fana Hanya Sementara

Al-Qur'an adalah sumber pengetahuan yang tak terbatas bagi ummat manusia. Setiap ayatnya adalah petunjuk dan hikmah yang berharga bagi yang memahaminya. Salah satu ayat yang memberikan panduan yang kuat adalah ayat ke-20 dari Surah Al-Hadid, sebuah ayat yang menarik dan penuh makna yang dapat menjadi sumber inspirasi dan introspeksi bagi umat Muslim. 

QS. Al-Hadid/57 ayat 20: 

Allah Subhanaahu Wa Ta'aala berfirman: 

Latin: I‘lamū annamal-ḥayātud-dun-yā la‘ibuw wa lahwuw wa zīnatuw wa tafākhurum bainakum wa takāṡurun fil-amwāli wal-aulād(i), kamaṡali gaiṡin a‘jabal-kuffāra nabātuhū ṡumma yahīju fatarāhu muṣfarran ṡumma yakūnu ḥuṭāmā(n), wa fil-ākhirati ‘ażābun syadīd(un), wa magfiratum minallāhi wa riḍwān(un), wa mal-ḥayātud-dun-yā illā matā‘ul-gurūr(i)

Artinya: "Ketahuilah bahwa kehidupan dunia itu hanyalah permainan, kelengahan, perhiasan, dan saling bermegah-megahan di antara kamu serta berlomba-lomba dalam banyaknya harta dan anak keturunan. (Perumpamaannya adalah) seperti hujan yang tanamannya mengagumkan para petani, lalu mengering dan kamu lihat menguning, kemudian hancur. Di akhirat ada azab yang keras serta ampunan dari Allah SWT dan keridaan-Nya. Kehidupan dunia (bagi orang-orang yang lengah) hanyalah kesenangan yang memperdaya." (QS. Al-Hadid/57: 20). 

* * * 

Penggalan QS. Al-Hadid/57 ayat 20: 

Latin: I‘lamū annamal-ḥayātud-dun-yā la‘ibuw wa lahwuw wa zīnatuw wa tafākhurum bainakum wa takāṡurun fil-amwāli wal-aulād(i), ..... 

Artinya: "Ketahuilah bahwa kehidupan dunia itu hanyalah permainan, kelengahan, perhiasan, dan saling bermegah-megahan di antara kamu serta berlomba-lomba dalam banyaknya harta dan anak keturunan. ....." 

Penjelasan: 

Menurut Tafsir Tahlili Kementerian Agama RI, pada surah Al Hadid ayat 20 tersebut Allah SWT menjelaskan kepada manusia bahwa kehidupan dan kesenangan dunia hanyalah seperti mainan dan sesuatu yang lucu, sebagai bahan tertawaan dan perhiasan untuk melengkapi dandanan mereka. 

Di samping itu, menurut tafsir, ada ampunan dari Allah dan keridaan-Nya yang dianugerahkan kepada orang-orang yang menyucikan dirinya dari dosa dan maksiat, merendahkan diri kepada Allah dan kembali kepada-Nya, taat dan patuh pada segenap perintah dan larangannya. 

Penggalan Ayat ini menjelaskan bahwa kehidupan dunia hanyalah kesenangan yang akan lenyap dan hilang, serta menipu. Orang-orang yang mengejar dunia akan tertipu dan terpedaya olehnya. Ayat ini juga menjadi pengingat untuk menghindari kesombongan dan bersikap rendah hati di hadapan Allah SWT. 

Dalam konteks ayat ini, Allah SWT menegaskan sikap-Nya terhadap kesombongan. Kesombongan adalah sifat yang mencerminkan ketidakmampuan seseorang untuk mengakui kebenaran dan kebesaran Allah SWT. Orang yang sombong merasa bahwa mereka lebih baik dari orang lain, bahwa mereka tidak membutuhkan petunjuk atau bimbingan, sehingga mereka tidak mau tunduk kepada Allah SWT.  

Penggalan Ayat ini juga menjelaskan bahwa orang-orang yang mencintai dunia, meninggalkan amal-amal saleh, dan terlibat dalam kemusyrikan akan mendapat azab pedih di akhirat. Sebaliknya, orang-orang yang menyucikan diri dari dosa dan maksiat akan mendapat ampunan dari Allah SWT. 

Dan sesungguhnya kehidupan dunia ini tidak lain hanyalah kesenangan yang menipu, maka mari bersyukur dengan segala jenis rezeki yang pernah Allah SWT berikan kepada kita. Terus dekatkan diri kepada Dia Yang Maha Kaya, pencipta alam semesta raya. Hingga kelak rezeki terbesar kita adalah ketika kita mampu berjumpa dengan Dia yang menciptakan kita dan juga berjumpa dengan Nabi Muhammad SAW. 

Abdillah F. Hasan mengatakan dalam 400 Kebiasaan Keliru dalam Hidup Muslim, memang manusia diciptakan untuk hidup di dunia, tapi bukan berarti hidup selamanya karena tujuan utamanya adalah untuk beribadah kepada-Nya. 

Rasulullah SAW bersabda, "Orang cerdas adalah orang yang mengekang hawa nafsunya dan mempersiapkan perbekalan untuk kehidupan setelah mati. Sedangkan orang lemah adalah orang yang menuruti hawa nafsunya lalu berangan-angan terhadap Allah." (HR Tirmidzi, Ibnu Majah, Ahmad, dan Baihaqi). 

Pelajaran dan Petunjuk: 

  1. Kesederhanaan dan Kerendahan Hati: Ayat ini mengajarkan pentingnya sikap rendah hati dan kesederhanaan. Ketika seseorang merendahkan diri di hadapan Allah SWT, dia akan mendapatkan rahmat dan petunjuk-Nya. 
  2. Menghindari Kesombongan: Kesombongan adalah sifat yang memisahkan manusia dari Allah SWT dan menciptakan kesenjangan di antara sesama manusia. Allah SWT mencintai hamba-Nya yang rendah hati dan tidak sombong. 
  3. Kebencian Allah SWT terhadap Kesombongan: Ayat ini juga menggambarkan sikap Allah terhadap kesombongan. Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong dan karenanya, mereka tidak akan mendapat perlindungan-Nya. 
  4. Pengingat untuk Merenungkan: Ayat ini juga menjadi pengingat bagi setiap individu untuk merenungkan sikap dan perilaku mereka. Apakah kita termasuk orang-orang yang sombong yang tidak disukai Allah? 

Implikasi dalam Kehidupan Sehari-hari: 

Ayat ini memiliki implikasi yang besar dalam kehidupan sehari-hari. Ketika kita bersikap rendah hati dan menghindari kesombongan, kita membuka diri kita untuk menerima petunjuk dan rahmat Allah SWT. Selain itu, sikap rendah hati juga memperkuat hubungan kita dengan sesama manusia, menciptakan kedamaian dan persatuan dalam masyarakat. 

Kesimpulan: 

Ayat 20 dari Surah Al-Hadid adalah pengingat yang kuat tentang pentingnya menghindari kesombongan dan bersikap rendah hati di hadapan Allah. Dengan merenungkan ayat ini, kita dapat memperbaiki diri kita sendiri dan meningkatkan hubungan kita dengan Allah dan sesama manusia. Semoga kita semua dapat mengambil pelajaran berharga dari ayat ini dan menjadi hamba yang rendah hati di hadapan-Nya. 

Daftar Pustaka: 

Abdillah F. Hasan, 400 Kebiasaan Keliru dalam Hidup Muslim. 

Google Search, Dalam surat Al-Hadid, Dan sesungguhnya kehidupan dunia ini tidak lain hanyalah kesenangan yang menipu, maka mari bersyukur dengan segala jenis rezeki yang pernah Allah SWT berikan kepada kita. Terus dekatkan diri kepada Dia Yang Maha Kaya, pencipta alam semesta raya. Hingga kelak rezeki terbesar kita adalah ketika kita mampu berjumpa dengan Dia yang menciptakan kita dan juga berjumpa dengan Nabi Muhammad SAW

Kementerian Agama RI, Qur'an Kemenag, QS. Al-Hadid/57 Ayat 20

Kementerian Agama RI, Tafsir Tahlili. 

Kristina, detikEdu, Surah Al Hadid Ayat 20: Dunia yang Fana dan Segala Kesenangannya

Sarung BHS, Menggali Makna Mendalam dari QS. Al-Hadid Ayat 20: Petunjuk dan Pelajaran.