Sosialisasi EMIS 4.0 - BTQ

MGMP PAI - Senin, 20 November 2023.

Lomba Kaligrafi

MGMP PAI - Sabtu, 16 September 2023.

This is default featured slide 3 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.

This is default featured slide 4 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.

This is default featured slide 5 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.

04 Februari 2024

Kelas 7 Kurmer: Soal Ulangan Alam Semesta & Mawas Diri

Jakarta, 4 Februari 2024 - Assalamu'alaikum Warahmatullaahi Wabarakaatuh. Semangat pagi sobat PAI. Kali ini admin akan membagikan soal ulangan harian terkait materi sebagai berikut: 

  • Alam Semesta Sebagai Tanda Kekuasaan Allah SWT. 
  • Mawas Diri dan Introspeksi dalam Menjalani Kehidupan. 

Pilihlah jawaban yang benar dengan memberi tanda silang (x) pada huruf A, B, C, dan D di kertas lembar jawaban yang ada! 

1. Langit dan bumi diciptakan pada masa 6 masa (periode). Enam masa penciptaan keduanya meliputi penciptaan langit dan bumi setelah langit terbentuk. Hal ini sesuai dengan .... 

  • A. QS. Al-A'raf/7 ayat 44. 
  • B. QS. Al-A'raf/7 ayat 54. 
  • C. QS. Al-Anbiya'/21 ayat 30. 
  • D. QS. Al-Anbiya'/21 ayat 40. 

2. Perhatikan penggalan ayat berikut! 

Kalimat yang terdapat pada QS. Al-Anbiya'/21 ayat 30 mempunyai arti .... 

  • A. Suatu yang padu. 
  • B. Sebagai suatu kesatuan. 
  • C. Sesuatu yang saling melengkapi. 
  • D. Suatu yang tidak dapat dipisahkan. 

3. Makna QS. Al-A'raf/7 ayat 54 menjelaskan penciptaan langit dan bumi terjadi pada .... 

  • A. 3 masa. 
  • B. 6 masa. 
  • C. 9 masa. 
  • D. 11 masa. 

4. Perhatikan ayat berikut! 

Dalam ayat tersebut di atas terdapat hukum bacaan ghunnah yang berjumlah .... 

  • A. 1. 
  • B. 2. 
  • C. 3. 
  • D. 4. 

5. Perhatikan kalimat berikut! 

Susunan kalimat diatas yang benar, ditunjukkan pada nomor .... 

  • A. 1, 2, 3, 4. 
  • B. 2, 3, 4, 1. 
  • C. 3, 4, 1, 2. 
  • D. 4, 3, 2, 1. 

6. Alam semesta beserta seluruh isinya merupakan bukti kekuasaan Allah SWT. Salah satu syarat penting bagi seseorang untuk memahami hal ini, yaitu .... 

  • A. Memiliki guru yang tepat untuk memberikan pelajaran. 
  • B. Memiliki kapasitas keilmuan yang cukup. 
  • C. Dapat mengakses fasilitas ilmu. 
  • D. Beriman kepada Allah SWT. 

7. Alam semesta yang dipelajari oleh manusia memiliki tujuan utama yaitu untuk memperbaiki kualitas hidupnya sebagai khalifah di bumi dan .... 

  • A. Mendorong kesadaran untuk beriman dan semakin dekat kepada Allah SWT. 
  • B. Menyediakan jalan menuju pencapaian manusia sempurna sebagai khalifah Allah SWT. 
  • C. Menyediakan informasi untuk memanfaatkan kepercayaan Allah SWT. 
  • D. Menjadi tanda bahwa manusia adalah makhluk yang berakal. 

8. Islam merupakan agama yang sangat menghargai ilmu pengetahuan dan memerintahkan penganutnya untuk memiliki ilmu pengetahuan. Hal ini dibuktikan .... 

  • A. Perintah menuntut ilmu bagi setiap muslim. 
  • B. Wahyu yang pertama kali turun berisi perintah untuk belajar. 
  • C. Pentingnya ilmu pengetahuan dalam upaya mengarungi kehidupan dunia. 
  • D. Adanya ayat yang menjelaskan tentang ilmu pengetahuan dan alam semesta. 

9. Perhatikan potongan hadits berikut! 

Pernyataan yang sesuai dengan makna hadits tersebut adalah .... 

  • A. Balasan orang yang mempermudah jalan orang yang mencari ilmu adalah surga. 
  • B. Mencari ilmu itu kewajiban bagi semua orang Islam laki-laki dan perempuan. 
  • C. Balasan bagi orang yang berilmu adalah kesuksesan dunia dan akhirat. 
  • D. Barangsiapa yang mencari ilmu, maka Allah SWT akan ridha dengannya. 

10. Shiva seorang pelajar yang sangat cerdas dan banyak mempunyai keterampilan diantara teman-temannya. Dia pandai membaca Al-Qur'an, pidato, menyanyi, bahkan ia pandai bermain biola. Suatu hari Shiva dimintai tolong teman sekelasnya untuk melatih bermain biola. Sikap yang seharusnya Shiva lakukan adalah .... 

  • A. Beralasan tidak ada waktu untuk mengajarinya. 
  • B. Menerima untuk mengajarinya dengan syarat harus ada imbalan. 
  • C. Menolak, dengan alasan kalau temannya bisa nanti akan menyaingi dirinya. 
  • D. Mengajari temannya dengan ikhlas, karena akan mendapatkan pahala dari Allah SWT. 

11. Hukum bacaan ghunnah terdapat pada huruf yang bertasydid, yaitu .... 

  • A. Nun dan Mim. 
  • B. Lam dan Ro. 
  • C. Ba dan Mim. 
  • D. Alif dan 'Ain. 

12. Hadits yang diriwayatkan oleh Anas bin Malik ra., hukum menuntut ilmu bagi setiap muslim dan muslimah adalah .... 

  • A. Mubah. 
  • B. Sunnah. 
  • C. Wajib. 
  • D. Haram. 

13. Khalish mengerjakan soal ujian tanpa menyontek, walaupun banyak kesempatan dan tidak ada pengawas di ruangan. Sikap tersebut menunjukkan bahwa ia beriman kepada Malaikat .... 

  • A. Jibril. 
  • B. Mikail. 
  • C. Rakib dan Atid. 
  • D. Israfil. 

14. Kita harus selalu melaksanakan semua perintah Allah SWT dan menjauhi semua yang menjadi larangan-Nya, agar di akhirat dapat balasan surganya Allah SWT. Hal ini cerminan dari iman kepada Malaikat .... 

  • A. Ridwan. 
  • B. Malik. 
  • C. Nakir. 
  • D. Munkar. 

15. Berikut ini yang merupakan bentuk perbuatan beriman kepada Malaikat adalah .... 

  • A. Malu melakukan perbuatan yang dilarang secara terang-terangan. 
  • B. Malu melakukan perbuatan yang dilarang bila dilihat orang. 
  • C. Biasa melakukan perbuatan yang dilarang oleh Allah SWT. 
  • D. Melaksanakan perintah Allah SWT dan menjauhi perbuatan yang dilarang Allah SWT. 

16. Perhatikan tabel berikut ini! 

Dari tabel tersebut pasangan yang tepat antara nama Malaikat dan tugasnya ditunjukkan pada nomor .... 

  • A. 5 dengan A, 1 dengan F, dan 6 dengan G. 
  • B. 3 dengan C, 2 dengan D, dan 7 dengan B. 
  • C. 2 dengan I, 3 dengan B, dan 8 dengan C. 
  • D. 1 dengan B, 4 dengan F, dan 9 dengan H. 

17. Berusaha mempersiapkan diri untuk menghadapi kematian. Selalu berdo'a agar terhindar dari siksaan sakaratul maut merupakan cerminan perilaku iman kepada Malaikat .... 

  • A. Ridwan. 
  • B. Izrail. 
  • C. Jibril. 
  • D. Atid. 

18. Andina adalah seorang wanita shalihah yang rajin beribadah dan beramal shaleh sebagai bekal untuk kehidupan setelah mati. Ia yakin di alam kubur, setiap manusia akan ditanya tentang seluruh amal perbuatannya selama hidup di dunia. Sikap tersebut merupakan perwujudan dari iman kepada Malaikat .... 

  • A. Munkar dan Nakir. 
  • B. Rakib dan Atid. 
  • C. Mikail. 
  • D. Jibril. 

19. Perhatikan sifat-sifat berikut ini! 

  1. Sombong dan takabur serta menyesatkan. 
  2. Selalu patuh pada perintah Allah SWT. 
  3. Membutuhkan makan dan minum. 
  4. Sebagian membangkang. 
  5. Tidak berjenis kelamin. 
  6. Tidak berwujud. 

Diantara hal tersebut yang menunjukkan sifat Malaikat adalah .... 

  • A. 1, 2, dan 3. 
  • B. 1, 3, dan 5. 
  • C. 2, 4, dan 6. 
  • D. 2, 5, dan 6. 

20. Perhatikan pernyataan berikut ini! 

  1. Meningkatkan keimanan dan ketaqwaan. 
  2. Sering melakukan perbuatan yang dilarang agama. 
  3. Tidak sombong. 
  4. Bangga terhadap prestasi yang diperolehnya. 
  5. Waspada dan berhati-hati. 
  6. Tidak percaya diri terhadap apa yang dilakukan. 

Pernyataan yang merupakan fungsi iman kepada Malaikat Allah SWT adalah .... 

  • A. 1, 2, dan 3. 
  • B. 1, 3, dan 5. 
  • C. 4, 5, dan 6. 
  • D. 2, 4, dan 5. 

21. Menjauhi perbuatan yang dilarang oleh agama, dan melaksanakan perbuatan yang diperintahkan oleh agama dalam kehidupan sehari-hari, baik di rumah, sekolah maupun di lingkungan masyarakat adalah cerminan iman kepada Malaikat .... 

  • A. Mikail. 
  • B. Israfil. 
  • C. Jibril. 
  • D. Atid. 

22. Berdasarkan QS. Al-Anbiya/21 ayat 20, sifat yang dimiliki para Malaikat adalah .... 

  • A. Selalu takut dan taat kepada Allah SWT. 
  • B. Tidak pernah melakukan maksiat. 
  • C. Tidak pernah makan dan minum. 
  • D. Selalu bertasbih siang maupun malam. 

23. Makhluk Allah SWT yang ghaib, terbuat dari nur atau cahaya, dengan wujud dan sifat-sifat tertentu adalah .... 

  • A. Manusia. 
  • B. Jin. 
  • C. Malaikat. 
  • D. Syaithan. 

24. Sifat-sifat Malaikat diantaranya adalah .... 

  • A. Selalu menentang perintah Allah SWT. 
  • B. Patuh dan kepada Allah SWT. 
  • C. Selalu makan dan minum. 
  • D. Mempunyai hawa nafsu. 

25. Berikut ini yang bukan merupakan perbedaan antara Malaikat dengan manusia adalah .... 

  • A. Manusia memiliki hawa nafsu, sedangkan Malaikat tidak. 
  • B. Manusia diciptakan dari tanah, sedangkan Malaikat dari api. 
  • C. Malaikat patuh kepada Allah SWT, sedangkan manusia tidak. 
  • D. Malaikat memiliki tugas yang berbeda dan manusia tidak. 

SEMOGA SUKSES DUNIA & AKHIRAT

10 Desember 2023

Kelas 7 Kurmer: Penjelasan Soal Bab Shalat & Sujud pada Masa Bani Umayyah

Minggu, 10 Desember 2023 - Assalamu'alaikum Warahmatullaahi Wabarakaatuh, semangat pagi sobat PAI. Sebelumnya admin pernah memposting Soal Kelas 7 Kurikulum Merdeka (KURMER) mengenai Bab Shalat & Sujud pada Masa Bani Umayyah. Pada bab ini kesatuan judul dari berbagai macam bab pada semester ganjil ini. Jika ada soal, pasti ada kunci jawabannya. Nah, mari kita simak kunci jawaban sebagai berikut: 

1. Orang yang melaksanakan shalat semata-mata karena Allah SWT, dan berkeinginan hanya untuk menggapai keridhaan-Nya, merupakan perwujudan dari salah satu sasaran tujuan melaksanakan shalat, yaitu .... 

Jawab: B. Timbulnya ketaqwaan kepada Allah SWT. 

2. Zhulsi dari kecil sampai sekarang tidak pernah belajar mengaji sehingga ia tidak tahu arti bacaan shalat. Padahal ia rajin sekali melaksanakan shalat. Hukum shalat yang dikerjakan olehnya adalah .... 

Jawab: A. Sah. 

3. Berikut ini hikmah shalat fardhu dalam menjalani kehidupan, kecuali .... 

Jawab: C. Mendapatkan kebahagiaan dunia. 

4. Melaksanakan shalat dengan tepat waktu banyak sekali manfaatnya. Berikut ini yang merupakan manfaat melaksanakan shalat adalah .... 

Jawab: C. Ketenangan dalam menjalani hidup. 

5. Perhatikan pernyataan berikut! 

  1. Diberikan kemudahan pada segala urusan dalam pencapaian tujuan hidup. 
  2. Menjauhkan diri dari maksiat dan penyakit hati. 
  3. Mendekatkan diri kepada Allah SWT dan menggapai ridha-Nya. 
  4. Mempererat silaturrahim antar sesama ummat Islam. 
Di antara pernyataan tersebut, yang termasuk hikmah melaksanakan shalat berjama’ah adalah nomor .... 

Jawab: D. 4. 

6. Perhatikan pernyataan berikut ini! 

  1. Mendapatkan permasalahan sepanjang hidupnya. 
  2. Mendapatkan ketenangan hati dalam menjalani hidup. 
  3. Meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT. 
  4. Mendapatkan harta dan jabatan sesuai dengan keinginannya. 

Yang merupakan manfaat dari berdzikir ditunjukkan nomor .... 

Jawab: B. 2 dan 3. 

7. Perhatikan tabel berikut ini! 

Tabel 3.5 
Pasangan Bacaan dan Lafal 

Yang merupakan pasangan bacaan dzikir yang benar adalah .... 

Jawab: D. 1-D, 2-C, 3-B, 4-A. 

8. Dalam setiap situasi dan keadaan, kita dituntut untuk selalu ingat pada Allah SWT. Hal ini berkaitan dengan pengakuan bahwa manusia itu lemah dan sangat tergantung kepada-Nya. Salah satu upaya untuk melengkapi kekurangan tersebut dapat dilakukan dengan cara .... 

Jawab: C. Berdo’a kepada Allah SWT. 

9. Perhatikan pernyataan berikut ini! 

  1. Orang yang berhati keras, yaitu orang yang banyak bicara tapi jangan ingat kepada-Nya. 
  2. Orang dermawan yaitu orang yang selalu menggunakan hartanya untuk kepentingan umum. 
  3. Orang pelit atau bakhil yaitu orang yang tidak mau berbagi hartanya. 
  4. Orang yang tawadhu’ yaitu orang yang rendah hati. 

Golongan jauh dari Allah SWT dapat ditunjukkan oleh nomor .... 

Jawab: B. 1 dan 3. 

10. Allah SWT memerintahkan hamba-Nya yang beriman kepada-Nya dan membenarkan Rasulullah SAW untuk memperbanyak dzikir kepada-Nya, baik siang maupun malam, sendiri maupun berjama’ah. Hal ini dinyatakan pada .... 

Jawab: C. QS. Al-Ahzab/33 ayat 41. 

11. Perhatikan pernyataan di bawah ini! 

  1. Seseorang lupa kelebihan raka’at shalat. 
  2. Memperoleh nikmat yang luar biasa. 
  3. Mendengar atau membaca ayat-ayat sajdah. 
  4. Meninggalkan salah satu rukun shalat karena lupa. 
  5. Lupa kekurangan jumlah raka’at shalat. 
  6. Selamat dari bahaya atau musibah. 

Penyebab melaksanakan sujud sahwi ditunjukkan pada nomor .... 

Jawab: C. 1, 4, dan 5. 

12. Ketika sedang melakukan shalat Maghrib, Zevan ragu terhadap jumlah raka’atnya, sehingga sebelum salam ia melakukan sujud .... 

Jawab: D. Sahwi. 

13. Abdullah melaksanakan shalat Dzhuhur, namun ia lupa tidak melakukan tasyahud awal. Sebelum salam ia melakukan sujud sahwi. Ilustrasi tersebut menunjukkan hikmah melakukan sujud sahwi adalah .... 

Jawab: D. Menyadari manusia tempat salah dan lupa. 

14. Perhatikan ilustrasi berikut! 

"Ketika shalat Ashar, EL ragu-ragu tentang jumlah raka’at yang telah dilakukan, oleh karena itu ia menambah raka’atnya dan sebelum salam melakukan sujud sahwi." 

Dengan kejadian tersebut, hikmah dari sujud sahwi adalah .... 

Jawab: D. Menghindarkan keraguan. 

15. Pada saat menerima pengumuman hasil ujian seorang siswa SMP ternyata memperoleh nilai yang memuaskan. Sebagai seorang muslim yang baik, disunnahkan untuk mengerjakan sujud .... 

Jawab: A. Syukur. 

16. Perhatikan pernyataan berikut! 

  1. Memperoleh nikmat. 
  2. Membaca atau mendengar ayat-ayat sajdah. 
  3. Lupa melaksanakan tasyahud awal. 
  4. Terhindar dari bahaya bencana alam. 

Pernyataan yang bukan merupakan penyebab melaksanakan sujud syukur adalah .... 

Jawab: B. 2 dan 3. 

17. “Betapa senang hati Riyan melihat Namanya muncul sebagai juara I lomba Olimpiade sains tingkat Provinsi.” Jenis sujud yang tepat untuk pernyataan di atas adalah sujud .... 

Jawab: A. Syukur. 

18. Nana adalah seorang siswi yang taat beribadah dan rajin membaca Al-Qur’an. Suatu ketika ia membaca Al-Qur’an sampai pada ayat sajdah, lalu ia langsung melakukan sujud. Sujud yang dilakukan oleh Nana adalah .... 

Jawab: B. Sujud tilawah. 

19. Pada saat shalat jama’ah, imam membaca ayat sajdah tetapi tidak melakukan sujud tilawah, maka sebagai makmum yang dilakukan adalah .... 

Jawab: D. Mengikuti imam tidak sujud, karena sujud tilawah adalah sunnah. 

20. Surat dalam Al-Qur’an yang terdapat dua ayat sajdah adalah .... 

Jawab: D. QS. Al-Hajj. 

21. Nama Bani Umayyah berasal dari nama nenek moyangnya yang Bernama .... 

Jawab: D. Mu’awiyah bin Abu Sufyan. 

22. Kesepakatan antara Hasan bin ‘Ali dengan Mu’awiyah, sepeninggal Mu’awiyah, pemerintahan harus dikembalikan ke tangan ummat Islam yang terkenal dengan .... 

Jawab: B. ‘Am al-Jama’ah. 

23. Dalam Al-Qur’an dinyatakan bahwa Allah SWT tidak akan mengubah keadaan suatu kaum sehingga mereka mengubah keadaannya sendiri. Hal ini tercantum dalam .... 

Jawab: C. QS. Ar-Ra’d/13: 11. 

24. Panglima perang Bani Umayyah yang namanya diabadikan menjadi nama sebuah selat yaitu .... 

Jawab: A. Tariq bin Ziyad. 

25. Sebuah masjid yang dibangun di Damaskus pada masa Walid bin ‘Abdul Malik merupakan hasil karya arsitek terkenal. Tokoh tersebut yang Bernama .... 

Jawab: D. Abu ‘Ubaidah bin Jarrah. 

26. Mu’awiyah bin Abu Sufyan merupakan salah satu sahabat Rasulullah SAW yang terlibat aktif dalam menuliskan wahyu dan meriwayatkan hadits. Dia masuk Islam ketika .... 

Jawab: A. Fathul Makkah. 

27. Perhatikan uraian berikut! 

"Keadaan negara sangat tenteram, makmur, dan tertib. Ummat Islam merasa nyaman dan hidup bahagia ketika dipimpin oleh Walid bin ‘Abdul Malik (705-715 M / 86-97 H). Pada 10 tahun kepemimpinannya, wilayah diperluas ke Afrika Utara menuju wilayah barat daya Eropa. Infrastruktur dibangun dengan megah. Dia membangun rumah jompo dan panti asuhan serta Masjid Al-Umawi di Damaskus." 

Nilai yang dapat dipetik pada kisah perjuangan tersebut yang dapat diteladani adalah .... 

Jawab: C. Mensejahterakan rakyat. 

28. Berikut ini yang merupakan bentuk-bentuk pertumbuhan kebudayaan pada masa Bani Umayyah adalah .... 

Jawab: B. Perkembangan di bidang arsitektur ditandai dengan dibangunnya masjid-masjid yang memenuhi kota. 

29. Perhatikan tabel para ilmuwan muslim pada masa Bani Umayyah dan karyanya berikut! 

Tabel 5.6 
Pasangan Nama Ilmuwan dan Bidang Ilmu 

Pasangan yang tepat antara ilmuwan muslim pada masa Bani Umayyah dan karyanya pada tabel tersebut ditunjukkan pada nomor .... 

Jawab: A. 1-D, 2-C, 3-A, 4-B. 

30. Khalifah ‘Umar bin ‘Abdul ‘Aziz memerintahkan untuk penghimpunan dan penyempurnaan hadits dengan alasan sebagai berikut, kecuali .... 

Jawab: D. Digunakan sebagai alat dalam memperkokoh keyakinan masyarakat terhadap Islam. 

31. Bagi ummat Islam, Al-Qur’an merupakan pedoman hidup. Al-Qur’an merupakan pesan Illaahi untuk manusia dalam mencapai kebaikan hidup. Al-Qur’an berfungsi untuk .... 

Jawab: A. Petunjuk dan penjelas bagi sesuatu yang harus diketahui, juga pembeda antara kebenaran dan kebathilan. 

32. Kata yang artinya “taatilah Allah SWT” yang tertulis di dalam QS. An-Nisa’/4: 59 adalah terjemahan dari kata .... 

Jawab: A. 

33. Ulil amri adalah pemimpin, siapapun pemimpinnya harus kita taati selama tidak memerintahkan untuk berbuat maksiat. Yang tidak termasuk ulil amri sesuai makna QS. An-Nisa’/4: 59 adalah .... 

Jawab: D. Paguyuban. 

34. Sifat-sifat Allah SWT dan Asmaul Husna dalam Al-Qur’an serta Sunnah merupakan kesempurnaan mutlak dari sifat-sifat-Nya dari segala kekurangan. Asmaul Husna berarti .... 

Jawab: B. Nama-nama indah bagi Allah SWT. 

35. Al-Qur’an adalah kitab suci ummat Islam yang berfungsi sebagai pedoman hidup. Yang dimaksud dengan pedoman hidup adalah menjadi .... 

Jawab: C. Rujukan dalam kehidupan. 

36. Meyakini dalam hati, mengucapkan dengan perkataan, dan mengamalkan dalam perbuatan kehidupan sehari-hari adalah arti dari .... 

Jawab: A. Iman. 

37. Bagi setiap muslim menuntut ilmu itu hukumnya .... 

Jawab: A. Fardhu ‘Ain. 

38. Taat kepada Allah SWT memiliki arti sama dengan .... kepada Allah SWT. 

Jawab: C. Patuh. 

39. Al-Qur’an terdiri dari .... juz. 

Jawab: C. 30. 

40. Berikut ini adalah hikmah orang yang beriman, kecuali .... 

Jawab: D. Boleh melakukan apa saja. 

41. Kita sebagai manusia, cara agar bisa menembus langit dengan .... 

Jawab: B. Ilmu pengetahuan. 

42. Mengerjakan shalat fardhu termasuk rukun Islam yang ke .... 

Jawab: B. 2. 

43. Berikut hikmah beriman kepada Allah SWT, kecuali .... 

Jawab: D. Sepanjang hidupnya selalu mendapatkan kerugian. 

44. Mau mendengarkan apa yang dikatakan orang lain sebagai masukan dalam kehidupan sehari-hari adalah salah satu cara meneladani .... 

Jawab: C. Asmaul Husna. 

45. Thaharah mengajarkan kepada kita agar selalu hidup .... 

Jawab: C. Bersih. 

46. Menyapu muka dan kedua tangan sampai siku dengan tanah suci sebagai pengganti wudhu atau mandi disebut .... 

Jawab: D. Tayammum. 

47. Tujuan wudhu atau tayammum adalah untuk menghilangkan .... 

Jawab: A. Hadats kecil dan hadats besar. 

48. Orang yang melakukan tayammum adalah orang yang .... 

Jawab: B. Sedang sakit sehingga tidak boleh kena air. 

49. Berikut ini yang termasuk rukun tayammum adalah .... 

Jawab: A. Niat. 

50. Salah satu yang membatalkan tayammum adalah .... 

Jawab: C. Semua yang membatalkan wudhu. 

TERIMA KASIH SUDAH INGIN MENGKOREKSI HASIL JAWABANNYA

Sumber: Muafi.

20 November 2023

Sosialisasi EMIS 4.0 & BTQ

Senin, 20 November 2023 - Assalamu'alaikum Warahmatullaahi Wabarakaatuh sobat PAI semuanya. Siang ini pukul 13.00 WIB (jam 1 siang), MGMP PAI menyelenggarakan kegiatan pertemuan se-Wilayah Sanggar 037 Jakarta Timur di SMP Negeri 149 Jakarta. 

Kegiatan ini berdasarkan adanya surat dari Kepala Seksi Pendidikan Agama Islam (Kasi PAIS) Kementerian Agama Jakarta Timur Nomor: B.10133/Kk.09.2/PP.00.2/4/2023 tentang Sosialisasi Emis 4.0 dan Pengisian PAK pada Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) Kementerian Agama, serta Sosialisasi Baca Tulis Qur'an (BTQ) dan Tahfidz. 

Terdapat 20 daftar sekolah yang mengikuti kegiatan Silaturrahim MGMP PAI di Sanggar 037 Jakarta Timur, sebagai berikut: 

  1. SMP Negeri 14 Jakarta. 
  2. SMP Negeri 25 Jakarta. 
  3. SMP Negeri 26 Jakarta. 
  4. SMP Negeri 36 Jakarta. 
  5. SMP Negeri 52 Jakarta. 
  6. SMP Negeri 62 Jakarta. 
  7. SMP Negeri 148 Jakarta. 
  8. SMP Negeri 149 Jakarta. 
  9. SMP Negeri 243 Jakarta. 
  10. SMP Al-Qalam. 
  11. SMP Annuuriyyah. 
  12. SMP As Salafy. 
  13. SMP Cahaya Sakti. 
  14. SMP Cawang Baru. 
  15. SMP Darul Arqom. 
  16. SMP Darul Mu'minin. 
  17. SMP Dewi Sartika. 
  18. SMP Muara Indonesia. 
  19. SMP Pandawa. 
  20. SMP YPMII. 

Susunan rangkaian acara kegiatan: 

  • Pembukaan diawali dengan membaca QS. Al-Faatihah. 
  • Sambutan Bapak Ade Supratomo, S.Pd.I. selaku Ketua Musyawarah Guru Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (MGMP PAI) Jakarta. 
  • Sambutan Ibu Mulyaningsih selaku Kepala SMP Negeri 149 Jakarta. Beliau keturunan Jawa tumbuh di Betawi. 
  • Pembinaan oleh Pengawas Agama Islam Kecamatan Jatinegara. 
  • Pembinaan oleh Bapak Dr. Abdul Rosyid selaku Kepala Seksi Pendidikan Agama Islam (Kasi PAIS) Jakarta Timur. 
  • Sosialisasi EMIS 4.0. 
  • Sosialisasi Baca Tulis Qur'an (BTQ). 
  • Penutup dengan Do'a. 

Bapak Dr. Abdul Rosyid (Kasi PAIS) Jakarta Timur sudah menjadi Pegawai Negeri sejak tahun 1989. Beliau berpesan bahwasanya setiap sekolah wajib memiliki road map, yang mana berfungsi sebagai alur progress kegiatan peserta didik dalam melancarkan baca tulis Al-Qur'an. 

DOKUMENTASI FOTO KEGIATAN 












Foto: Ibu Liana Febriana, Bapak Riki Irawan Banani, Muafi.

13 November 2023

Kelas 7 Kurmer: Soal Bab Shalat & Sujud pada Masa Bani Umayyah

Jakarta, 13 November 2023 - Assalamu'alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh, semangat pagi sobat PAI. Kali ini admin mau membagikan soal-soal terkait materi tentang beriman kepada Allah SWT, bersuci atau  thaharah, shalat fardhu, dzikir setelah shalat, sujud, dan sejarah peradaban Islam pada masa Bani Umayyah. Langsung aja disimak yaa dan jangan lupa untuk dipelajari guna persiapan ujian akhir semester ganjil...!! 

1. Orang yang melaksanakan shalat semata-mata karena Allah SWT, dan berkeinginan hanya untuk menggapai keridhaan-Nya, merupakan perwujudan dari salah satu sasaran tujuan melaksanakan shalat, yaitu .... 

  • a. Timbulnya keikhlasan. 
  • b. Timbulnya ketaqwaan kepada Allah SWT. 
  • c. Selalu mengingat-Nya. 
  • d. Adanya perasaan nyaman dan tenteram. 

2. Zhulsi dari kecil sampai sekarang tidak pernah belajar mengaji sehingga ia tidak tahu arti bacaan shalat. Padahal ia rajin sekali melaksanakan shalat. Hukum shalat yang dikerjakan olehnya adalah .... 

  • a. Sah. 
  • b. Batal. 
  • c. Sia-sia. 
  • d. Makruh. 

3. Berikut ini hikmah shalat fardhu dalam menjalani kehidupan, kecuali .... 

  • a. Membiasakan disiplin. 
  • b. Membiasakan hidup bersosial. 
  • c. Mendapatkan kebahagiaan dunia. 
  • d. Sarana pembentukan kepribadian muslim. 

4. Melaksanakan shalat dengan tepat waktu banyak sekali manfaatnya. Berikut ini yang merupakan manfaat melaksanakan shalat adalah .... 

  • a. Menambah pekerjaan yang harus dilaksanakan. 
  • b. Menambah kekayaan berupa harta benda. 
  • c. Ketenangan dalam menjalani hidup. 
  • d. Dihormati oleh masyarakat sekitar. 

5. Perhatikan pernyataan berikut! 

  1. Diberikan kemudahan pada segala urusan dalam pencapaian tujuan hidup. 
  2. Menjauhkan diri dari maksiat dan penyakit hati. 
  3. Mendekatkan diri kepada Allah SWT dan menggapai ridha-Nya. 
  4. Mempererat silaturrahim antar sesama ummat Islam. 

Di antara pernyataan tersebut, yang termasuk hikmah melaksanakan shalat berjama’ah adalah nomor .... 

  • a. 1. 
  • b. 2. 
  • c. 3. 
  • d. 4. 

6. Perhatikan pernyataan berikut ini! 

  1. Mendapatkan permasalahan sepanjang hidupnya. 
  2. Mendapatkan ketenangan hati dalam menjalani hidup. 
  3. Meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT. 
  4. Mendapatkan harta dan jabatan sesuai dengan keinginannya. 

Yang merupakan manfaat dari berdzikir ditunjukkan nomor .... 

  • a. 1 dan 2. 
  • b. 2 dan 3. 
  • c. 3 dan 4. 
  • d. 1 dan 4. 

7. Perhatikan tabel berikut ini! 

Tabel 3.5 
Pasangan Bacaan dan Lafal 

Yang merupakan pasangan bacaan dzikir yang benar adalah .... 

  • a. 1-A, 2-B, 3-C, 4-D. 
  • b. 1-B, 2-C, 3-D, 4-A. 
  • c. 1-C, 2-D, 3-A, 4-B. 
  • d. 1-D, 2-C, 3-B, 4-A. 

8. Dalam setiap situasi dan keadaan, kita dituntut untuk selalu ingat pada Allah SWT. Hal ini berkaitan dengan pengakuan bahwa manusia itu lemah dan sangat tergantung kepada-Nya. Salah satu upaya untuk melengkapi kekurangan tersebut dapat dilakukan dengan cara .... 

  • a. Berharap belas kasihan dari orang lain. 
  • b. Meminta tolong kepada sesama. 
  • c. Berdo’a kepada Allah SWT. 
  • d. Membawa tasbih setiap waktu. 

9. Perhatikan pernyataan berikut ini! 

  1. Orang yang berhati keras, yaitu orang yang banyak bicara tapi jangan ingat kepada-Nya. 
  2. Orang dermawan yaitu orang yang selalu menggunakan hartanya untuk kepentingan umum. 
  3. Orang pelit atau bakhil yaitu orang yang tidak mau berbagi hartanya. 
  4. Orang yang tawadhu’ yaitu orang yang rendah hati. 

Golongan jauh dari Allah SWT dapat ditunjukkan oleh nomor .... 

  • a. 1 dan 2. 
  • b. 1 dan 3. 
  • c. 3 dan 4. 
  • d. 1 dan 4. 

10. Allah SWT memerintahkan hamba-Nya yang beriman kepada-Nya dan membenarkan Rasulullah SAW untuk memperbanyak dzikir kepada-Nya, baik siang maupun malam, sendiri maupun berjama’ah. Hal ini dinyatakan pada .... 

  • a. QS. Ali ‘Imran/3 ayat 102. 
  • b. QS. Ali ‘Imran/3 ayat 112. 
  • c. QS. Al-Ahzab/33 ayat 41. 
  • d. QS. Al-Ahzab/33 ayat 31. 

11. Perhatikan pernyataan di bawah ini! 

  1. Seseorang lupa kelebihan raka’at shalat. 
  2. Memperoleh nikmat yang luar biasa. 
  3. Mendengar atau membaca ayat-ayat sajdah. 
  4. Meninggalkan salah satu rukun shalat karena lupa. 
  5. Lupa kekurangan jumlah raka’at shalat. 
  6. Selamat dari bahaya atau musibah. 

Penyebab melaksanakan sujud sahwi ditunjukkan pada nomor .... 

  • a. 1, 2, dan 3. 
  • b. 2, 3, dan 4. 
  • c. 1, 4, dan 5. 
  • d. 4, 5, dan 6. 

12. Ketika sedang melakukan shalat Maghrib, Zevan ragu terhadap jumlah raka’atnya, sehingga sebelum salam ia melakukan sujud .... 

  • a. Tilawah. 
  • b. Syukur. 
  • c. Sujud rukun. 
  • d. Sahwi. 

13. Abdullah melaksanakan shalat Dzhuhur, namun ia lupa tidak melakukan tasyahud awal. Sebelum salam ia melakukan sujud sahwi. Ilustrasi tersebut menunjukkan hikmah melakukan sujud sahwi adalah .... 

  • a. Agar terhindar dari dosa. 
  • b. Terkesan shalatnya khusyuk. 
  • c. Shalatnya tampak lama. 
  • d. Menyadari manusia tempat salah dan lupa. 

14. Perhatikan ilustrasi berikut! 

"Ketika shalat Ashar, EL ragu-ragu tentang jumlah raka’at yang telah dilakukan, oleh karena itu ia menambah raka’atnya dan sebelum salam melakukan sujud sahwi." 

Dengan kejadian tersebut, hikmah dari sujud sahwi adalah .... 

  • a. Menghindarkan dosa. 
  • b. Melengkapi jumlah raka’at. 
  • c. Memperbanyak sujud. 
  • d. Menghindarkan keraguan. 

15. Pada saat menerima pengumuman hasil ujian seorang siswa SMP ternyata memperoleh nilai yang memuaskan. Sebagai seorang muslim yang baik, disunnahkan untuk mengerjakan sujud .... 

  • a. Syukur. 
  • b. Tilawah. 
  • c. Rukun. 
  • d. Sahwi. 

16. Perhatikan pernyataan berikut! 

  1. Memperoleh nikmat. 
  2. Membaca atau mendengar ayat-ayat sajdah. 
  3. Lupa melaksanakan tasyahud awal. 
  4. Terhindar dari bahaya bencana alam. 

Pernyataan yang bukan merupakan penyebab melaksanakan sujud syukur adalah .... 

  • a. 1 dan 2. 
  • b. 2 dan 3. 
  • c. 3 dan 4. 
  • d. 1 dan 4. 

17. “Betapa senang hati Riyan melihat Namanya muncul sebagai juara I lomba Olimpiade sains tingkat Provinsi.” Jenis sujud yang tepat untuk pernyataan di atas adalah sujud .... 

  • a. Syukur. 
  • b. Sahwi. 
  • c. Tilawah. 
  • d. Rukun. 

18. Nana adalah seorang siswi yang taat beribadah dan rajin membaca Al-Qur’an. Suatu ketika ia membaca Al-Qur’an sampai pada ayat sajdah, lalu ia langsung melakukan sujud. Sujud yang dilakukan oleh Nana adalah .... 

  • a. Sujud ketika shalat. 
  • b. Sujud tilawah. 
  • c. Sujud sahwi. 
  • d. Sujud Syukur. 

19. Pada saat shalat jama’ah, imam membaca ayat sajdah tetapi tidak melakukan sujud tilawah, maka sebagai makmum yang dilakukan adalah .... 

  • a. Menegur imam. 
  • b. Sujud tilawah sendirian. 
  • c. Mengajak teman di samping untuk sujud tilawah. 
  • d. Mengikuti imam tidak sujud, karena sujud tilawah adalah sunnah. 

20. Surat dalam Al-Qur’an yang terdapat dua ayat sajdah adalah .... 

  • a. QS. Al-Furqan. 
  • b. QS. Al-‘Imran. 
  • c. QS. An-Nisa’. 
  • d. QS. Al-Hajj. 

21. Nama Bani Umayyah berasal dari nama nenek moyangnya yang Bernama .... 

  • a. ‘Umar bin ‘Abd al-‘Aziz. 
  • b. ‘Abd al-Malik bin Marwan. 
  • c. Umayyah bin ‘Abd al-Syams. 
  • d. Mu’awiyah bin Abu Sufyan. 

22. Kesepakatan antara Hasan bin ‘Ali dengan Mu’awiyah, sepeninggal Mu’awiyah, pemerintahan harus dikembalikan ke tangan ummat Islam yang terkenal dengan .... 

  • a. Yaum al-Qiyamah. 
  • b. ‘Am al-Jama’ah. 
  • c. ‘Am al-Sa’adah. 
  • d. ‘Am al-Huzn. 

23. Dalam Al-Qur’an dinyatakan bahwa Allah SWT tidak akan mengubah keadaan suatu kaum sehingga mereka mengubah keadaannya sendiri. Hal ini tercantum dalam .... 

  • a. QS. Al-Anfal/8: 30. 
  • b. QS. Al-An’am/6: 165. 
  • c. QS. Ar-Ra’d/13: 11. 
  • d. QS. Al-Baqarah/2: 11. 

24. Panglima perang Bani Umayyah yang namanya diabadikan menjadi nama sebuah selat yaitu .... 

  • a. Tariq bin Ziyad. 
  • b. ‘Umar bin ‘Abdul ‘Aziz. 
  • c. Walid bin ‘Abdul Malik. 
  • d. ‘Abdul Malik bin Marwan. 

25. Sebuah masjid yang dibangun di Damaskus pada masa Walid bin ‘Abdul Malik merupakan hasil karya arsitek terkenal. Tokoh tersebut yang Bernama .... 

  • a. ‘Uqbah bin Nafi’. 
  • b. Rabi’ah Al-Ra’i. 
  • c. Sa’id bin Musayyab. 
  • d. Abu ‘Ubaidah bin Jarrah. 

26. Mu’awiyah bin Abu Sufyan merupakan salah satu sahabat Rasulullah SAW yang terlibat aktif dalam menuliskan wahyu dan meriwayatkan hadits. Dia masuk Islam ketika .... 

  • a. Fathul Makkah. 
  • b. Perjanjian Aqabah I. 
  • c. Perjanjian Aqabah II. 
  • d. Perjanjian Hudaibiyah. 

27. Perhatikan uraian berikut! 

"Keadaan negara sangat tenteram, makmur, dan tertib. Ummat Islam merasa nyaman dan hidup bahagia ketika dipimpin oleh Walid bin ‘Abdul Malik (705-715 M / 86-97 H). Pada 10 tahun kepemimpinannya, wilayah diperluas ke Afrika Utara menuju wilayah barat daya Eropa. Infrastruktur dibangun dengan megah. Dia membangun rumah jompo dan panti asuhan serta Masjid Al-Umawi di Damaskus." 

Nilai yang dapat dipetik pada kisah perjuangan tersebut yang dapat diteladani adalah .... 

  • a. Mencintai rakyat. 
  • b. Membahagiakan rakyat. 
  • c. Mensejahterakan rakyat. 
  • d. Memajukan ilmu pengetahuan. 

28. Berikut ini yang merupakan bentuk-bentuk pertumbuhan kebudayaan pada masa Bani Umayyah adalah .... 

  • a. Perkembangan di bidang bahasa dan sastra oleh Al-Qali dengan karyanya Al-Amali dan Al-Mawadir. 
  • b. Perkembangan di bidang arsitektur ditandai dengan dibangunnya masjid-masjid yang memenuhi kota. 
  • c. Perkembangan ilmu kimia murni dan kimia terapan di bidang keilmuan kimia oleh Abu Al-Qasim Ibn Farnas. 
  • d. Perkembangan di bidang kedokteran oleh Abu Al-Qasim Al-Zahrawi berupa ilmu bedah, ilmu telinga, dan ilmu penyakit kulit. 

29. Perhatikan tabel para ilmuwan muslim pada masa Bani Umayyah dan karyanya berikut! 

Tabel 5.6 
Pasangan Nama Ilmuwan dan Bidang Ilmu 

Pasangan yang tepat antara ilmuwan muslim pada masa Bani Umayyah dan karyanya pada tabel tersebut ditunjukkan pada nomor .... 

  • a. 1-D, 2-C, 3-A, 4-B. 
  • b. 1-B, 2-D, 3-A, 4-C. 
  • c. 1-C, 2-B, 3-D, 4-A. 
  • d. 1-A, 2-D, 3-C, 4-B. 

30. Khalifah ‘Umar bin ‘Abdul ‘Aziz memerintahkan untuk penghimpunan dan penyempurnaan hadits dengan alasan sebagai berikut, kecuali .... 

  • a. Banyak pemalsuan hadits-hadits. 
  • b. Para penghafal hadits semakin berkurang karena meninggal. 
  • c. Digunakan sebagai alat untuk menguatkan kedudukan kelompok tertentu. 
  • d. Digunakan sebagai alat dalam memperkokoh keyakinan masyarakat terhadap Islam. 

31. Bagi ummat Islam, Al-Qur’an merupakan pedoman hidup. Al-Qur’an merupakan pesan Illaahi untuk manusia dalam mencapai kebaikan hidup. Al-Qur’an berfungsi untuk .... 

  • a. Petunjuk dan penjelas bagi sesuatu yang harus diketahui, juga pembeda antara kebenaran dan kebathilan. 
  • b. Menerangkan serta menguatkan hukum-hukum yang terdapat dalam hadits. 
  • c. Sebagai Bayan dan muhaqqiq (penjelas dan penguat). 
  • d. Memberikan penguatan pada kehidupan sehari-hari. 

32. Kata yang artinya “taatilah Allah SWT” yang tertulis di dalam QS. An-Nisa’/4: 59 adalah terjemahan dari kata .... 

  • a. 
  • b. 
  • c. 
  • d. 

33. Ulil amri adalah pemimpin, siapapun pemimpinnya harus kita taati selama tidak memerintahkan untuk berbuat maksiat. Yang tidak termasuk ulil amri sesuai makna QS. An-Nisa’/4: 59 adalah .... 

  • a. Ketua kelas. 
  • b. Kepala desa. 
  • c. Wali kota / Bupati. 
  • d. Paguyuban. 

34. Sifat-sifat Allah SWT dan Asmaul Husna dalam Al-Qur’an serta Sunnah merupakan kesempurnaan mutlak dari sifat-sifat-Nya dari segala kekurangan. Asmaul Husna berarti .... 

  • a. Sifat-sifat Allah SWT. 
  • b. Nama-nama indah bagi Allah SWT. 
  • c. Nama-nama Rasul yang baik. 
  • d. Sifat-sifat Rasulullah SAW. 

35. Al-Qur’an adalah kitab suci ummat Islam yang berfungsi sebagai pedoman hidup. Yang dimaksud dengan pedoman hidup adalah menjadi .... 

  • a. Bahan untuk dipelajari. 
  • b. Kitab yang selalu dibaca. 
  • c. Rujukan dalam kehidupan. 
  • d. Sumber hukum bernegara. 

36. Meyakini dalam hati, mengucapkan dengan perkataan, dan mengamalkan dalam perbuatan kehidupan sehari-hari adalah arti dari .... 

  • a. Iman. 
  • b. Islam. 
  • c. Ihsan. 
  • d. Taqwa. 

37. Bagi setiap muslim menuntut ilmu itu hukumnya .... 

  • a. Fardhu ‘Ain. 
  • b. Sunnah. 
  • c. Haram. 
  • d. Mubah. 

38. Taat kepada Allah SWT memiliki arti sama dengan .... kepada Allah SWT. 

  • a. Ingkar. 
  • b. Hormat. 
  • c. Patuh. 
  • d. Kufur. 

39. Al-Qur’an terdiri dari .... juz. 

  • a. 10. 
  • b. 20. 
  • c. 30. 
  • d. 114. 

40. Berikut ini adalah hikmah orang yang beriman, kecuali .... 

  • a. Akan diangkat derajatnya. 
  • b. Mampu menyelesaikan masalah. 
  • c. Akan beriman dengan sempurna. 
  • d. Boleh melakukan apa saja. 

41. Kita sebagai manusia, cara agar bisa menembus langit dengan .... 

  • a. Terbang memakai roket. 
  • b. Ilmu pengetahuan. 
  • c. Kekuatan super. 
  • d. Berdo’a kepada Allah SWT. 

42. Mengerjakan shalat fardhu termasuk rukun Islam yang ke .... 

  • a. 1. 
  • b. 2. 
  • c. 3. 
  • d. 4. 

43. Berikut hikmah beriman kepada Allah SWT, kecuali .... 

  • a. Akan selalu ditolong oleh Allah SWT. 
  • b. Hati menjadi tenang dan tidak gelisah. 
  • c. Mendatangkan keuntungan dunia dan akhirat. 
  • d. Sepanjang hidupnya selalu mendapatkan kerugian. 

44. Mau mendengarkan apa yang dikatakan orang lain sebagai masukan dalam kehidupan sehari-hari adalah salah satu cara meneladani .... 

  • a. Malaikat. 
  • b. Rasul. 
  • c. Asmaul Husna. 
  • d. Syaithan. 

45. Thaharah mengajarkan kepada kita agar selalu hidup .... 

  • a. Sederhana. 
  • b. Damai. 
  • c. Bersih. 
  • d. Tenang. 

46. Menyapu muka dan kedua tangan sampai siku dengan tanah suci sebagai pengganti wudhu atau mandi disebut .... 

  • a. Thaharah. 
  • b. Mandi wajib. 
  • c. Istinja’. 
  • d. Tayammum. 

47. Tujuan wudhu atau tayammum adalah untuk menghilangkan .... 

  • a. Hadats kecil dan hadats besar. 
  • b. Hadats besar. 
  • c. Hadats kecil. 
  • d. Najis. 

48. Orang yang melakukan tayammum adalah orang yang .... 

  • a. Sedang dalam berpergian. 
  • b. Sedang sakit sehingga tidak boleh kena air. 
  • c. Sedang sibuk kerja dan tak sempat mencari air. 
  • d. Sedang di atas kendaraan. 

49. Berikut ini yang termasuk rukun tayammum adalah .... 

  • a. Niat. 
  • b. Membasuh kaki. 
  • c. Mengusap kepala. 
  • d. Membasuh telinga. 

50. Salah satu yang membatalkan tayammum adalah .... 

  • a. Makan dan minum sebelum shalat. 
  • b. Berselisih paham dengan teman. 
  • c. Semua yang membatalkan wudhu. 
  • d. Melihat maksiat sebelum shalat. 

Bagi yang ingin soal ini dalam microsoft word tanpa mengetik ulang, dapat mengunduh file melalui link berikut: https://link-center.net/549785/soal-aas-semsester-ganjil

Semoga Mendapat Nilai yang Memuaskan

12 November 2023

Kisi-Kisi Kelas 7 Kurmer Semester Ganjil

Jakarta, 13 November 2023 - Assalamu'alaikum Warahmatullaahi Wabarakaatuh. Halo para sobat PAI, admin ingin menginformasikan kisi-kisi pembelajaran mengenai materi sebagai berikut: 

  1. Bab I - Al-Qur'an dan Sunnah sebagai Pedoman Hidup. 
  2. Bab II - Meneladani Nama dan Sifat Allah SWT untuk Kebaikan Hidup. 
  3. Bab III - Menghadirkan Shalat dan Dzikir dalam Kehidupan. 
  4. Bab IV - Mengagungkan Allah SWT dengan Tunduk pada Perintah-Nya. 
  5. Bab V - Damaskus Pusat Peradaban Timur Islam (661-750 M). 

~BAB 3 - MENGHADIRKAN SHALAT DAN DZIKIR DALAM KEHIDUPAN~ 

A. Shalat. 

Orang yang melaksanakan shalat semata-mata karena Allah SWT, dan berkeinginan hanya untuk menggapai keridhaan-Nya, merupakan perwujudan dari salah satu sasaran tujuan melaksanakan shalat, yaitu timbulnya ketaqwaan kepada Allah SWT. 

Melaksanakan shalat dengan tepat waktu banyak sekali manfaatnya, salah satunya adalah mendapatkan keteangan dalam hidup. 

Apabila terdapat orang yang dari kecil sampai sekarang tidak pernah belajar mengaji sehingga ia tidak tahu arti bacaan shalat. Padahal ia rajin sekali melaksanakan shalat, maka hukum shalat yang dikerjakan olehnya adalah tetap sah. 

Hikmah melaksanakan shalat berjama’ah adalah mempererat silaturrahim antar sesama ummat Islam. Sedangkan hikmah shalat fardhu dalam menjalani kehidupan sebagai berikut: 

  1. Tertanamnya aqidah tauhid dalam jiwa seseorang. 
  2. Hubungan antara manusia dengan Allah SWT akan terjalin baik. 
  3. Kedamaian, keamanan, dan keselamatan dari Allah SWT akan diperoleh olehnya. 
  4. Mengantarkan mereka pada kesuksesan dan pengampunan dari segala kesalahan. 
  5. Memperkuat jiwa seseorang dalam hubungan dengan Allah SWT. 
  6. Memperoleh ketenangan jiwa. 
  7. Menjauhkan diri dari kelalaian. 
  8. Melatih hidup disiplin dan taat peraturan, baik peraturan kerja maupun peraturan dalam kehidupan ini. 
  9. Membiasakan seseorang pada perbuatan atau perkataan yang baik dan bermanfaat. 
  10. Menumbuhkan akhlaq mulia seperti amanah, jujur, dan upaya menjauhkan diri dari perbuatan keji dan munkar. 
  11. Meraih ketaqwaan kepada Allah SWT. 
  12. Menghindari perilaku tercela. 

B. Dzikir. 

Dzikir merupakan suatu amalan ibadah yang biasa dilakukan setelah mengerjakan shalat ataupun dikerjakan tanpa persiapan dan waktu yang khusus, guna mengingat Allah SWT. Adapun dzikir meliputi bacaan diantaranya sebagai berikut: 

  • Tahlil dengan lafazh Laa Ilaaha Illallaah. 
  • Tasbih dengan lafazh Subhanallaah. 
  • Tahmid dengan lafazh Alhamdulillaah. 
  • Takbir dengan lafazh Allaahu Akbar. 

Allah SWT memerintahkan hamba-Nya yang beriman kepada-Nya dan membenarkan Rasulullah SAW untuk memperbanyak dzikir kepada Allah SWT, baik siang maupun malam, sendiri maupun berjama’ah. Sebagaimana firman Allah SWT dalam QS. Al-Ahzab/33 ayat 41: 

Artinya: "Wahai orang-orang yang beriman, ingatlah Allah SWT dengan dzikir sebanyak-banyaknya." (QS. Al-Ahzab/33: 41). 

Dalam setiap situasi dan keadaan, kita dituntut untuk selalu ingat kepada Allah SWT. Hal ini berkaitan dengan pengakuan bahwa manusia itu lemah dan sangat tergantung kepada-Nya. Salah satu upaya untuk melengkapi kekurangan tersebut dapat dilakukan dengan cara berdo'a kepada Allah SWT (Subhanahu Wa Ta'aala). 

Manfaat dari berdzikir yaitu: 

  1. Mendapatkan ketenangan hati dalam menjalani hidup. 
  2. Meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT. 
  3. Untuk mensyukuri nikmat-Nya. 
  4. Menjadi pengikat diri dengan mendekatkan diri kepada Allah SWT. 

Adapun golongan yang jauh dari Allah SWT yaitu: 

  1. Orang yang berhati keras, yaitu orang yang banyak bicara tapi tidak ingat kepada-Nya. 
  2. Orang yang pelit atau bakhil, yaitu orang yang tidak mau berbagi hartanya. 

~BAB 4 - MENGAGUNGKAN ALLAH SWT DENGAN TUNDUK PADA PERINTAH-NYA~ 

A. Sujud Sahwi. 

Penyebab melaksanakan sujud sahwi sebagai berikut: 

  1. Seseorang lupa kelebihan raka'at shalat. 
  2. Meninggalkan salah satu rukun shalat karena lupa. 
  3. Lupa kekurangan jumlah raka'at shalat. 
  4. Timbulnya keraguan dalam pelaksanaan shalat berlangsung. 
  5. Lupa tidak melakukan salah satu rukun shalat, seperti ruku' atau sujud. 
  6. Ragu atau lupa jumlah raka'at shalat. 
  7. Lupa membaca do'a qunut (bagi orang yang yang terbiasa qunut). 
  8. Lupa mengerjakan atau melaksanakan tasyahud awal. 
  9. Kekurangan atau kelebihan jumlah raka'at shalat. 
  10. Apabila ada yang mengingatkan bahwa raka'atnya kurang, maka seseorang tersebut harus berdiri dan melengkapi raka'at, serta melakukan sujud sahwi. 

Hikmah melakukan sujud sahwi adalah menyadarkan manusia dari tempatnya kealpaan (lupa) dan menghindarkan keraguan dalam menjalankan ibadah shalat. 

Adapun contoh kasus yang biasa ditemukan dalam kealpaan atau keraguan, yang kemudian melaksanakan sujud sahwi dalam kehidupan sehari-hari sebagai berikut: 

  • Ragu terhadap jumlah raka'at ketika sedang melakukan shalat Maghrib. 
  • Abdullah melaksanakan shalat Dzhuhur, namun ia lupa tidak melakukan tasyahud awal. Sebelum salam ia melakukan sujud sahwi. 
  • Ketika shalat Ashar, El ragu-ragu tentang jumlah raka'at yang telah dilakukan, oleh karena itu ia menambah raka'atnya dan sebelum salam melakukan sujud sahwi. 

B. Sujud Tilawah. 

Pada saat shalat jama'ah, imam membaca ayat sajdah tetapi tidak melakukan sujud tilawah, maka sebagai makmum yang dilakukan adalah mengikuti imam tidak melakukan sujud, karena melaksanakan sujud tilawah hukumnya sunnah. 

Penyebab melaksanakan sujud tilawah yaitu: 

  1. Ketika membaca ayat-ayat sajdah. 
  2. Mendengar ayat-ayat sajdah. 

Sujud tilawah dilakukan karena membaca atau mendengar ayat-ayat sajdah, baik di dalam maupun di luar shalat. Adapun ayat-ayat sajdah yang ada di dalam Al-Qur'an berjumlah 15 surat yaitu: 

  1. QS. Al-A'raf/7 ayat 206. 
  2. QS. Ar-Ra'd/13 ayat 15. 
  3. QS. An-Nahl/16 ayat 49. 
  4. QS. Al-Isra'/17 ayat 109. 
  5. QS. Al-Hajj/22 ayat 18. 
  6. QS. Al-Hajj/22 ayat 77. 
  7. QS. Maryam/19 ayat 58. 
  8. QS. Al-Furqan/25 ayat 60. 
  9. QS. An-Naml/27 ayat 25. 
  10. QS. As-Sajdah/32 ayat 15. 
  11. QS. Shad/38 ayat 24. 
  12. QS. Fushshilat/41 ayat 38. 
  13. QS. An-Najm/53 ayat 62. 
  14. QS. Al-Insyiqaq/84 ayat 21. 
  15. QS. Al-'Alaq/96 ayat 19. 

Surat dalam Al-Qur'an yang terdapat dua ayat sajdah adalah QS. Al-Hajj. 

Contoh pelaksanaan sujud tilawah dalam kehidupan sehari-hari: 

  • Nana adalah seorang siswi yang taat beribadah dan rajin membaca Al-Qur'an. Suatu ketika ia membaca Al-Qur'an sampai pada ayat sajdah, lalu ia langsung melakukan sujud tilawah. 

C. Sujud Syukur. 

Penyebab melaksanakan sujud syukur antara lain: 

  1. Memperoleh nikmat. 
  2. Terhindar dari bahaya bencana alam. 

Contoh pelaksanaan sujud syukur dalam kehidupan sehari-hari: 

  • Pada saat menerima pengumuman hasil ujian seorang siswa SMP ternyata memperoleh nilai yang memuaskan. 
  • Betapa senang hati Riyan melihat namanya muncul sebagai juara 1 lomba Olimpiade Sains tingkat Provinsi. 

~BAB 5 - DAMASKUS: PUSAT PERADABAN TIMUR ISLAM (661-750 M)~ 

Bani Umayyah berasal dari nama nenek moyangnya yang bernama Mu'awiyah bin Abu Sufyan bin Harb bin Abdul Manaf. 

Kesepakatan antara Hasan bin 'Ali dengan Mu'awiyah, sepeninggal Mu'awiyah, pemerintahan harus dikembalikan ke tangan ummat Islam yang terkenal dengan ‘Am al-Jama’ah. 

Dalam Al-Qur’an surat Ar-Ra'd/13 ayat 11 dinyatakan bahwa Allah SWT tidak akan mengubah keadaan suatu kaum sehingga mereka mengubah keadaannya sendiri. 

Pada tahun 711 M, Thariq bin Ziyad berhasil menduduki sebuah selat antara Afrika dan Spanyol, yaitu Selat Gibraltar, yang diambil dari Jabal Thariq. 


Panglima perang Bani Umayyah yang bernama Thariq bin Ziyad diabadikan menjadi nama sebuah selat.