Malam Ini Terakhir Upload Karya PAI Fair

Jum'at, 14 November 2025 - Lomba

Segera Daftar Olimpiade PAI, Terakhir Hari Ini

Senin, 10 November 2025 - Lomba

Pendaftaran PAI Fair Telah Dibuka

Minggu, 2 November 2025 - Lomba

Sosialisasi EMIS 4.0 - BTQ

MGMP PAI - Senin, 20 November 2023.

Lomba Kaligrafi

MGMP PAI - Sabtu, 16 September 2023.

12 November 2023

Kisi-Kisi Kelas 7 Kurmer Semester Ganjil

Jakarta, 13 November 2023 - Assalamu'alaikum Warahmatullaahi Wabarakaatuh. Halo para sobat PAI, admin ingin menginformasikan kisi-kisi pembelajaran mengenai materi sebagai berikut: 

  1. Bab I - Al-Qur'an dan Sunnah sebagai Pedoman Hidup. 
  2. Bab II - Meneladani Nama dan Sifat Allah SWT untuk Kebaikan Hidup. 
  3. Bab III - Menghadirkan Shalat dan Dzikir dalam Kehidupan. 
  4. Bab IV - Mengagungkan Allah SWT dengan Tunduk pada Perintah-Nya. 
  5. Bab V - Damaskus Pusat Peradaban Timur Islam (661-750 M). 

~BAB 3 - MENGHADIRKAN SHALAT DAN DZIKIR DALAM KEHIDUPAN~ 

A. Shalat. 

Orang yang melaksanakan shalat semata-mata karena Allah SWT, dan berkeinginan hanya untuk menggapai keridhaan-Nya, merupakan perwujudan dari salah satu sasaran tujuan melaksanakan shalat, yaitu timbulnya ketaqwaan kepada Allah SWT. 

Melaksanakan shalat dengan tepat waktu banyak sekali manfaatnya, salah satunya adalah mendapatkan keteangan dalam hidup. 

Apabila terdapat orang yang dari kecil sampai sekarang tidak pernah belajar mengaji sehingga ia tidak tahu arti bacaan shalat. Padahal ia rajin sekali melaksanakan shalat, maka hukum shalat yang dikerjakan olehnya adalah tetap sah. 

Hikmah melaksanakan shalat berjama’ah adalah mempererat silaturrahim antar sesama ummat Islam. Sedangkan hikmah shalat fardhu dalam menjalani kehidupan sebagai berikut: 

  1. Tertanamnya aqidah tauhid dalam jiwa seseorang. 
  2. Hubungan antara manusia dengan Allah SWT akan terjalin baik. 
  3. Kedamaian, keamanan, dan keselamatan dari Allah SWT akan diperoleh olehnya. 
  4. Mengantarkan mereka pada kesuksesan dan pengampunan dari segala kesalahan. 
  5. Memperkuat jiwa seseorang dalam hubungan dengan Allah SWT. 
  6. Memperoleh ketenangan jiwa. 
  7. Menjauhkan diri dari kelalaian. 
  8. Melatih hidup disiplin dan taat peraturan, baik peraturan kerja maupun peraturan dalam kehidupan ini. 
  9. Membiasakan seseorang pada perbuatan atau perkataan yang baik dan bermanfaat. 
  10. Menumbuhkan akhlaq mulia seperti amanah, jujur, dan upaya menjauhkan diri dari perbuatan keji dan munkar. 
  11. Meraih ketaqwaan kepada Allah SWT. 
  12. Menghindari perilaku tercela. 

B. Dzikir. 

Dzikir merupakan suatu amalan ibadah yang biasa dilakukan setelah mengerjakan shalat ataupun dikerjakan tanpa persiapan dan waktu yang khusus, guna mengingat Allah SWT. Adapun dzikir meliputi bacaan diantaranya sebagai berikut: 

  • Tahlil dengan lafazh Laa Ilaaha Illallaah. 
  • Tasbih dengan lafazh Subhanallaah. 
  • Tahmid dengan lafazh Alhamdulillaah. 
  • Takbir dengan lafazh Allaahu Akbar. 

Allah SWT memerintahkan hamba-Nya yang beriman kepada-Nya dan membenarkan Rasulullah SAW untuk memperbanyak dzikir kepada Allah SWT, baik siang maupun malam, sendiri maupun berjama’ah. Sebagaimana firman Allah SWT dalam QS. Al-Ahzab/33 ayat 41: 

Artinya: "Wahai orang-orang yang beriman, ingatlah Allah SWT dengan dzikir sebanyak-banyaknya." (QS. Al-Ahzab/33: 41). 

Dalam setiap situasi dan keadaan, kita dituntut untuk selalu ingat kepada Allah SWT. Hal ini berkaitan dengan pengakuan bahwa manusia itu lemah dan sangat tergantung kepada-Nya. Salah satu upaya untuk melengkapi kekurangan tersebut dapat dilakukan dengan cara berdo'a kepada Allah SWT (Subhanahu Wa Ta'aala). 

Manfaat dari berdzikir yaitu: 

  1. Mendapatkan ketenangan hati dalam menjalani hidup. 
  2. Meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT. 
  3. Untuk mensyukuri nikmat-Nya. 
  4. Menjadi pengikat diri dengan mendekatkan diri kepada Allah SWT. 

Adapun golongan yang jauh dari Allah SWT yaitu: 

  1. Orang yang berhati keras, yaitu orang yang banyak bicara tapi tidak ingat kepada-Nya. 
  2. Orang yang pelit atau bakhil, yaitu orang yang tidak mau berbagi hartanya. 

~BAB 4 - MENGAGUNGKAN ALLAH SWT DENGAN TUNDUK PADA PERINTAH-NYA~ 

A. Sujud Sahwi. 

Penyebab melaksanakan sujud sahwi sebagai berikut: 

  1. Seseorang lupa kelebihan raka'at shalat. 
  2. Meninggalkan salah satu rukun shalat karena lupa. 
  3. Lupa kekurangan jumlah raka'at shalat. 
  4. Timbulnya keraguan dalam pelaksanaan shalat berlangsung. 
  5. Lupa tidak melakukan salah satu rukun shalat, seperti ruku' atau sujud. 
  6. Ragu atau lupa jumlah raka'at shalat. 
  7. Lupa membaca do'a qunut (bagi orang yang yang terbiasa qunut). 
  8. Lupa mengerjakan atau melaksanakan tasyahud awal. 
  9. Kekurangan atau kelebihan jumlah raka'at shalat. 
  10. Apabila ada yang mengingatkan bahwa raka'atnya kurang, maka seseorang tersebut harus berdiri dan melengkapi raka'at, serta melakukan sujud sahwi. 

Hikmah melakukan sujud sahwi adalah menyadarkan manusia dari tempatnya kealpaan (lupa) dan menghindarkan keraguan dalam menjalankan ibadah shalat. 

Adapun contoh kasus yang biasa ditemukan dalam kealpaan atau keraguan, yang kemudian melaksanakan sujud sahwi dalam kehidupan sehari-hari sebagai berikut: 

  • Ragu terhadap jumlah raka'at ketika sedang melakukan shalat Maghrib. 
  • Abdullah melaksanakan shalat Dzhuhur, namun ia lupa tidak melakukan tasyahud awal. Sebelum salam ia melakukan sujud sahwi. 
  • Ketika shalat Ashar, El ragu-ragu tentang jumlah raka'at yang telah dilakukan, oleh karena itu ia menambah raka'atnya dan sebelum salam melakukan sujud sahwi. 

B. Sujud Tilawah. 

Pada saat shalat jama'ah, imam membaca ayat sajdah tetapi tidak melakukan sujud tilawah, maka sebagai makmum yang dilakukan adalah mengikuti imam tidak melakukan sujud, karena melaksanakan sujud tilawah hukumnya sunnah. 

Penyebab melaksanakan sujud tilawah yaitu: 

  1. Ketika membaca ayat-ayat sajdah. 
  2. Mendengar ayat-ayat sajdah. 

Sujud tilawah dilakukan karena membaca atau mendengar ayat-ayat sajdah, baik di dalam maupun di luar shalat. Adapun ayat-ayat sajdah yang ada di dalam Al-Qur'an berjumlah 15 surat yaitu: 

  1. QS. Al-A'raf/7 ayat 206. 
  2. QS. Ar-Ra'd/13 ayat 15. 
  3. QS. An-Nahl/16 ayat 49. 
  4. QS. Al-Isra'/17 ayat 109. 
  5. QS. Al-Hajj/22 ayat 18. 
  6. QS. Al-Hajj/22 ayat 77. 
  7. QS. Maryam/19 ayat 58. 
  8. QS. Al-Furqan/25 ayat 60. 
  9. QS. An-Naml/27 ayat 25. 
  10. QS. As-Sajdah/32 ayat 15. 
  11. QS. Shad/38 ayat 24. 
  12. QS. Fushshilat/41 ayat 38. 
  13. QS. An-Najm/53 ayat 62. 
  14. QS. Al-Insyiqaq/84 ayat 21. 
  15. QS. Al-'Alaq/96 ayat 19. 

Surat dalam Al-Qur'an yang terdapat dua ayat sajdah adalah QS. Al-Hajj. 

Contoh pelaksanaan sujud tilawah dalam kehidupan sehari-hari: 

  • Nana adalah seorang siswi yang taat beribadah dan rajin membaca Al-Qur'an. Suatu ketika ia membaca Al-Qur'an sampai pada ayat sajdah, lalu ia langsung melakukan sujud tilawah. 

C. Sujud Syukur. 

Penyebab melaksanakan sujud syukur antara lain: 

  1. Memperoleh nikmat. 
  2. Terhindar dari bahaya bencana alam. 

Contoh pelaksanaan sujud syukur dalam kehidupan sehari-hari: 

  • Pada saat menerima pengumuman hasil ujian seorang siswa SMP ternyata memperoleh nilai yang memuaskan. 
  • Betapa senang hati Riyan melihat namanya muncul sebagai juara 1 lomba Olimpiade Sains tingkat Provinsi. 

~BAB 5 - DAMASKUS: PUSAT PERADABAN TIMUR ISLAM (661-750 M)~ 

Bani Umayyah berasal dari nama nenek moyangnya yang bernama Mu'awiyah bin Abu Sufyan bin Harb bin Abdul Manaf. 

Kesepakatan antara Hasan bin 'Ali dengan Mu'awiyah, sepeninggal Mu'awiyah, pemerintahan harus dikembalikan ke tangan ummat Islam yang terkenal dengan ‘Am al-Jama’ah. 

Dalam Al-Qur’an surat Ar-Ra'd/13 ayat 11 dinyatakan bahwa Allah SWT tidak akan mengubah keadaan suatu kaum sehingga mereka mengubah keadaannya sendiri. 

Pada tahun 711 M, Thariq bin Ziyad berhasil menduduki sebuah selat antara Afrika dan Spanyol, yaitu Selat Gibraltar, yang diambil dari Jabal Thariq. 


Panglima perang Bani Umayyah yang bernama Thariq bin Ziyad diabadikan menjadi nama sebuah selat. 

26 Oktober 2023

Survei Guru PAI: Implementasi Moderasi Beragama dalam Pembelajaran PAI di Sekolah

Kamis, 26 Oktober 2023 at 19.52 WIB - Berdasarkan Surat Kementerian Agama Provinsi DKI Jakarta Nomor: B-14009/KW.09.3/I/HM.01/10/2023 Tanggal 26 Oktober 2023 perihal Pengisian Survei Implementasi Moderasi Beragama, maka surat pemberitahuan ini ditujukan kepada seluruh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten/Kota se-DKI Jakarta untuk diinformasikan kembali kepada seluruh Pengawas guna pengisian link survey terhadap Guru Pendidikan Agama Islam binaannya, salah satunya Musyawarah Guru Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Jatinegara. Berikut isi dalam surat tersebut: 

Assalamu'alaikum Wr. Wb. 

Menindaklanjuti Surat Direktur Pendidikan Agama Islam pada Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama Republik Indonesia Nomor: B-5006/DJ.I/Dt.I.IV/HM.01/10/2023 Tanggal 23 Oktober 2023 perihal Pengisian Survei Implementasi Moderasi Beragama, maka kami sampaikan surat dimaksud untuk disampaikan ke Guru PAI di wilayah Saudara. 

Demikian surat ini kami sampaikan, atas perhatian dan kerjasamanya kami ucapkan terima kasih. 

Wassalamu'alaikum Wr. Wb. 

Surat tersebut ditandatangani oleh Ahmad Jahid selaku perwakilan Kepala Kantor Wilayah, Plt. Kepala Bidang Pendidikan Agama dan Pendidikan Keagamaan Islam. Dengan tembusan Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama Provinsi DKI Jakarta. 

Link Survey Moderasi Beragama untuk semua Guru / Kepala Sekolah dari Pendidikan Agama Islam, bukan perwakilan di sekolahnya, maksudnya adalah diperuntukkan setiap individunya. 

Tujuan survei ini dilakukan adalah untuk mengetahui implementasi moderasi beragama dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di satuan pendidikan. Pengisian survei ini sesuai dengan kondisi yang sebenarnya sesuai pengetahuan dan pengalaman para Guru atau Kepala Sekolah dari Pendidikan Agama Islam. 

Hasil survei akan dipergunakan sebagai bahan evaluasi peningkatan implementasi moderasi beragama dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di sekolah. Para responden adalah semua Guru Pendidikan Agama Islam (GPAI) pada jenjang TK/PAUD, SD, SMP, SMA, SMK, atau SLB di seluruh Indonesia. 

Jawaban survei ini tidak berpengaruh terhadap status, karir, dan jenjang kepangkatan responden. Survei akan tetap menjaga kerahasiaan sumber data dan informasi responden. Pengisian hanya berlaku satu kali untuk setiap Guru Pendidikan Agama Islam (GPAI). Ketika menerima link survei dari sumber manapun, Guru Pendidikan Agama Islam (GPAI) dapat langsung mengakses dan memulai pengisiannya dengan mengikuti petunjuk yang sudah tersedia. 

Pengisian survei ini akan dimulai pada 26 Oktober 2023 dan berakhir atau ditutup pada 10 November 2023. Pastikan data identitas responden harus diisi dengan benar. Jika bertugas di lebih dari satu satuan pendidikan, pastikan responden hanya merujuk pada sekolah yang responden isikan dalam instrumen. Membaca dengan cermat setiap pertanyaan atau pernyataan yang ada pada instrumen survei. Dan memastikan semua pertanyaan atau pernyataan yang tersedia dijawab atau diisi semua. 

Sumber: Muslikhun.

29 September 2023

SMPN 14 Kelas 8B: Memperingati Maulid Nabi 1445 H

Jum'at, 29 September 2023 - SMP Negeri 14 Jakarta menyelenggarakan kegiatan memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW 1445 H, dengan tema "Mewujudkan Budaya Religius di Sekolah dengan Penerapan Akhlaqul Karimah Sunnah Rasulullah SAW". Adapun rangkaian acaranya sebagai berikut: 

  • Pembacaan Yasin. 
  • Penampilan tim Hadroh. 
  • Ceramah yang bertemakan "Mewujudkan Budaya Religius di Sekolah dengan Penerapan Akhlaqul Karimah Sunnah Rasulullah SAW." 

Kegiatan ini menghadirkan penceramah Ustadz Abdul Azis Afrizal, M.Pd. untuk memberikan tausiah dan motivasi kepada peserta didik. Para peserta didik juga ditugaskan untuk memberikan catatan selama pemberian tausiah berlangsung. Berikut kumpulan hasil catatan selama tausiah berlangsung: 

Rasulullah SAW turun ke muka bumi untuk meluruskan akhlak manusia. Budaya Religius adalah membudidayakan budaya Islam. 

Apabila kita bertemu Nabi Muhammad SAW kenapa yaa? Nabi Muhammad SAW wajahnya terang seperti matahari, tapi tidak terang tetapi seperti juga bulan. 

Kiamat akan datang pada tahun 1500 H. Kiamat yang terjadi pada hari Jum'at. Rasulullah SAW pernah berkata kepada sababatnya, "Yaa sahabat, kiamat akan terjadi pada waktu sebelum 1500 H". Ada lima zaman dimana yang harus dilalui, yakni: 

  1. Zaman nubuah, zaman para nabi, berjumlah 127.000 nabi dan 315 rasul. 
  2. Zaman khilafah, seperti Sayyiidina Abu Bakar, Sayyiidina Umar bin Khattab, Sayyiidina Utsman bin 'Affan, dan Sayyiidina Ali bin Abi Thalib. 
  3. Zaman kerajaan. 
  4. Zaman Zababiroh (benar jadi salah, salah jadi benar). 
  5. Akhir zaman, yang mana belum kita lalui. 

Orang yang sering mengikuti pengajian maulid pahalanya seperti orang yang melaksanakan shalat 1.000 rakaat. Air yang ada di pengajian Maulid Nabi Muhammad SAW adalah air yang mengandung keberkahan. 

Dalam bab Fiqih ada pelajaran tentang kentut yang terbagi kentut yang suaranya besar (biasanya orang yang berbadan gendut); ada juga kentut yang tidak bersuara tetapi sangat bau; kentut yang ditahan; dan yang terakhir adalah kentut dengan suara besar namun sangat bau. Jadi, ketika ada orang yang kentut atau buang gas, jangan pernah diomeli melainkan harus dinikmati. 

Indonesia saat ini sedang diserang dengan ideologi krisis akhlak. Krisis akhlak di dunia pendidikan karena pacaran. Jaman sekarang banyak anak muda yang sudah tidak malu untuk berpegangan tangan di depan umum. Jika kita saat berpacaran berdua maka pasti akan ada orang ketiga. Siapa itu orang ketiga? Yaitu Syaiton. Lebih parahnya banyak anak-anak yang sampai hamil di luar nikah. 

Yang harus dilakukan dalam penerapan akhlaqul karimah Rasulullah SAW sebagai berikut: 

  • Meluruskan akhlak. 
  • Tidak boleh pacaran.  
  • Kalau minum membiasakan membaca Bismillaah. 
  • Hindari yang namanya maksiat. 

***

Sumber: Peserta Didik SMP Negeri 14 Jakarta Kelas 8B. 

Kelas 8B: Amelia Rahmadani, Amirah Fatin Haniah, Andini Arfiyani, Andrea Kusumaningtyas, Arini Shafa Kinanty, Aulia Farhana, Badriah Putri Kamal, Cinta Adeliana Djunra, Devi Nur Aini, Istifa Syauqiya, Kanahaya Azzura Tsaniyah, Mohamad Iqbal, Muhammad Nazriel Irham, Muhammad Raffa Ramadhan, Muhammad Yusuf Habibie, Nabil Esa Putra, Poetra Ardiansyah, Raffi Ahmad, Seno Sandhika Putra, Syafa Maulida Rahmah. 

Editor: Muafi.

Kisi-Kisi Al-Qur'an Hadits sebagai Pedoman Hidup, Asmaul Husna, dan Hukum Bacaan Alif Lam

Untuk persiapan Asesmen Tengah Semester, admin akan memberikan kisi-kisi pembelajaran yang mungkin peserta didik kelas 7 Kurikulum Merdeka (KURMER) membutuhkan dan dapat mempelajarinya. Pokok pembahasan yang akan diujikan nanti adalah sebagai berikut: 

  1. Bab 1 - Al-Qur'an dan Sunnah sebagai Pedoman Hidup. Materinya adalah QS. An-Nisa'/4 ayat 59, QS. An-Nahl/16 ayat 64, Posisi Hadits terhadap Al-Qur'an, dan yang terakhir hukum bacaan tajwid Alif Lam. 
  2. Bab 2 - Meneladani Nama dan Sifat Allah SWT untuk Kebaikan Hidup. Materinya adalah mengenal Asmaul Husna dan mengetahui perilaku yang mencerminkan Asmaul Husna Al-'Alim, Al-Khabir, As-Sami', dan Al-Bashir. 

BAB 1 - AL-QUR'AN DAN SUNNAH SEBAGAI PEDOMAN HIDUP 

Bagi ummat Islam, Al-Qur’an merupakan pedoman hidup. Al-Qur’an merupakan pesan Illaahi untuk manusia dalam mencapai kebaikan hidup. Al-Qur’an berfungsi untuk petunjuk dan penjelas bagi sesuatu yang harus diketahui, juga pembeda antara kebenaran dan kebathilan

Dalam QS. An-Nisa'/4 ayat 59, Allah SWT berfirman tentang menaati Allah SWT, menaati Rasulullah SAW, dan menaati Ulil Amri. (harus dihafal kosa katanya)

Artinya: "Wahai orang-orang yang beriman! Taatilah Allah SWT dan taatilah Rasul (Nabi Muhammad SAW), dan Ulil Amri (pemegang kekuasaan) di antara kamu. Kemudian, jika kamu berbeda pendapat tentang sesuatu, maka kembalikanlah kepada Allah SWT (Al-Qur'an) dan Rasul (sunnahnya), jika kamu beriman kepada Allah SWT dan hari kemudian. Yang demikian itu lebih utama (bagimu) dan lebih baik akibatnya." (QS. An-Nisa'/4: 59) 

Dalam QS. An-Nahl/16 ayat 64, Allah SWT berfirman tentang Al-Quran sebagai petunjuk dan rahmat bagi orang-orang yang beriman. (harus dihafal kosa katanya) 

Artinya: "Dan Kami tidak menurunkan Kitab (Al-Qur'an) ini kepadamu (Muhammad SAW), melainkan agar engkau dapat menjelaskan kepada mereka apa yang mereka perselisihkan, serta menjadi petunjuk dan rahmat bagi orang-orang yang beriman." (QS. An-Nahl/16: 64) 

HUKUM BACAAN TAJWID ALIF LAM 

Hukum bacaan Alif Lam terbagi menjadi dua bagian, yakni Alif Lam Idzhar Qamariyyah dan Alif Lam Idgham Syamsiyyah. 

1. Hukum Bacaan Alif Lam Idzhar Qamariyyah. 

Hukum bacaan alif lam idzhar qamariyyah memiliki 14 huruf, yakni huruf Alif, Ba, Jim, Ha kecil, Kha, 'Ain, Ghain, Fa, Qaf, Kaf, Mim, Wau, Ha besar, dan Ya. 

Huruf Qamariyyah Versi 1: 

Huruf Qamariyyah Versi 2: 

2. Hukum Bacaan Alif Lam Idgham Syamsiyyah. 

Hukum bacaan alif lam idgham syamsiyyah memiliki 14 huruf, yakni huruf Ta, Tsa, Dal, Dzal, Ra', Za, Sin, Syin, Shod, Dhod, Tho, Zho, Lam, dan Nun. 

Contoh kata / kalimat yang mengandung hukum bacaan alif lam idgham syamsiyyah: 


27 September 2023

Soal Ulangan Harian Kelas 8 KURMER

SOAL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SEMESTER GANJIL SMP KELAS 8 

SELAMAT MENIKMATI & MENGERJAKAN SOAL 

Kerjakanlah soal berikut di Kertas Lembar Jawaban yang telah disediakan di koperasi sekolah! 

1. Meyakini keberadaan kitab-kitab Allah SWT merupakan perkara yang sangat penting bagi ummat Islam. Sebagai orang yang beriman kepada kitab Allah SWT berarti kita harus .... 

  • a. Mempercayai dan mengamalkan semua isi kitab Allah SWT. 
  • b. Percaya bahwa kitab-kitab itu betul-betul dari Allah SWT. 
  • c. Percaya dan mengamalkan semua kitab-kitab yang ada. 
  • d. Menganggap bahwa Al-Qur’an saja yang perlu dipercayai. 

2. Dalam Al-Qur’an disebutkan ada 4 kitab yang diturunkan kepada 4 Rasul. Keempat Rasul tersebut adalah .... 

  • a. Nuh as., Ibrahim as., Musa as., Muhammad SAW. 
  • b. Musa as., Ibrahim as., Isa as., Muhammad SAW. 
  • c. Nuh as., Dawud as., Isa as., Muhammad SAW. 
  • d. Musa as., Dawud as., Isa as., Muhammad SAW. 

3. Di antara 4 kitab Allah SWT yang paling awal/terdahulu adalah kitab .... 

  • a. Taurat. 
  • b. Al-Qur’an. 
  • c. Zabur. 
  • d. Injil. 

4. Semua kitab Allah SWT berisi ajaran yang benar dan baik sesuai dengan masanya. Ajaran yang sama dan tertuang dalam semua kitab Allah SWT adalah tentang .... 

  • a. Tata cara berumah tangga. 
  • b. Perintah mengesakan Allah SWT. 
  • c. Larangan membunuh binatang. 
  • d. Hukum-hukum mengenai tata negara. 

5. Kitab Zabur diturunkan pada abad ke- .... 

  • a. 16 SM. 
  • b. 12 SM. 
  • c. 10 SM. 
  • d. 5 SM. 

6. Kitab Injil pada awalnya ditulis dengan bahasa .... 

  • a. Ibrani. 
  • b. Yunani. 
  • c. Qibti. 
  • d. Suryani. 

7. Perhatikan penggalan ayat berikut! 

Potongan QS. Al-Isra’/17: 55 tersebut menjelaskan tentang .... 

  • a. Allah SWT menurunkan kitab Taurat kepada Nabi Musa as. 
  • b. Allah SWT menurunkan kitab Zabur kepada Nabi Dawud as. 
  • c. Allah SWT menurunkan kitab Zabur kepada Nabi Isa as. 
  • d. Allah SWT menurunkan kitab Al-Qur’an kepada Nabi Muhammad SAW. 

8. Pengertian suhuf adalah .... 

  • a. Wahyu yang diterima para Nabi dan dibukukan. 
  • b. Ucapan para Nabi yang sudah tertulis dan dibukukan. 
  • c. Ketetapan para sahabat Nabi yang telah dibukukan. 
  • d. Lembaran wahyu Allah SWT yang tidak dibukukan. 

9. Di antara Nabi berikut ini yang menerima suhuf adalah Nabi .... 

  • a. Harun as. 
  • b. Ibrahim as. 
  • c. Ismail as. 
  • d. Sulaiman as. 

10. Semua peraturan yang berasal dari Allah SWT pasti benar. Sedangkan peraturan yang berasal dari manusia belum tentu benar, sebab .... 

  • a. Manusia sebagai makhluk sosial. 
  • b. Tidak ada makhluk yang sempurna. 
  • c. Manusia memiliki banyak kelemahan. 
  • d. Al-Qur’an merupakan peraturan yang benar. 

11. Perhatikan penggalan ayat berikut! 

Arti dari penggalan ayat tersebut adalah .... 

  • a. Dan perjudian. 
  • b. Minuman keras. 
  • c. Mengundi nasib. 
  • d. Berhala. 

12. Berikut ini merupakan hal-hal yang dilarang dalam QS. Al-Maidah/5: 90, kecuali .... 

  • a. Minum khamr. 
  • b. Berjudi. 
  • c. Taruhan. 
  • d. Berbohong. 

13. Meminum khamr merupakan cara setan untuk .... 

  • a. Membuat manusia lupa untuk dzikir kepada Allah SWT. 
  • b. Mengendalikan manusia berbuat jahat. 
  • c. Menghambur-hamburkan harta yang dimilikinya. 
  • d. Menjadikan manusia lupa makan dan tidur. 

14. Salah satu dampak negatif dari judi adalah .... 

  • a. Penjudi makin kurus. 
  • b. Susah makan dan minum. 
  • c. Keluarga menjadi terlantar. 
  • d. Lebih cepat sakit dan meninggal. 

15. Ketika kita sedang membaca Al-Qur’an menemukan lafazh yang mengandung bacaan qalqalah, maka cara membacanya adalah .... 

  • a. Berdengung. 
  • b. Melebur. 
  • c. Jelas. 
  • d. Memantul. 

16. Perhatikan penggalan ayat berikut! 

Ayat tersebut mengandung bacaan qalqalah karena terdapat huruf qalqalah berharakat sukun. Huruf tersebut adalah .... 

  • a. Qaf. 
  • b. Ba. 
  • c. Dal. 
  • d. Jim. 

17. Suatu lafazh dibaca qalqalah sughra apabila di dalamnya terdapat huruf qalqalah yang berharakat .... 

  • a. Kasrah. 
  • b. Fathah. 
  • c. Dhammah. 
  • d. Sukun. 

18. Perhatikan daftar ayat berikut! 

Ayat yang mengandung bacaan qalqalah sughra adalah .... 

  • a. 1 dan 2. 
  • b. 1 dan 3. 
  • c. 2 dan 4. 
  • d. 2 dan 5. 

19. Perhatikan penggalan ayat berikut! 

Ayat yang mengandung 2 bacaan qalqalah secara berturut-turut, yaitu .... 

  • a. Sughra lalu kubra. 
  • b. Kubra lalu sughra. 
  • c. Sughra semua. 
  • d. Kubra semua. 

20. Untuk menumbuhkan kepercayaan orang lain kepada diri kita, maka dibutuhkan perilaku .... 

  • a. Pasrah. 
  • b. Jujur. 
  • c. Optimis. 
  • d. Tabzir. 

21. Berperilaku jujur di sekolah, sama pentingnya dengan berperilaku jujur di rumah. Seorang peserta didik hendaknya jujur kepada .... 

  • a. Bapak dan ibu guru saja. 
  • b. Teman sekelas dan karyawan. 
  • c. Bapak dan ibu guru, karyawan, serta teman. 
  • d. Teman, karyawan, dan penjaga kantin. 

22. Kejujuran peserta didik pada saat mengerjakan ulangan akan sangat membantu Bapak/Ibu guru karena .... 

  • a. Guru membutuhkan analisis hasil pembelajaran yang valid dan objektif. 
  • b. Guru akan menghukum peserta didik yang curang. 
  • c. Nilai ulangan harian peserta didik akan dilaporkan kepada kepala sekolah. 
  • d. Nilai ulangan harian peserta didik dijadikan acuan bagi kebijakan pemerintah pusat. 

23. Orang yang adil adalah orang yang memihak kepada .... 

  • a. Teman dekat. 
  • b. Persamaan suku. 
  • c. Organisasi. 
  • d. Kebenaran. 

24. Allah SWT menegaskan bahwa kebencian terhadap suatu golongan, atau individu, janganlah menjadi pendorong untuk bertindak tidak adil. Ini menjadi bukti bahwa Islam .... 

  • a. Menjunjung tinggi keadilan. 
  • b. Keras dalam segala hal. 
  • c. Memihak kepada kaum mayoritas. 
  • d. Membela orang kafir. 

25. Menurut QS. Al-Maidah/5 ayat 8, Allah SWT memerintahkan untuk berperilaku adil, karena .... 

  • a. Menghindari kekacauan. 
  • b. Lebih dekat kepada rakyat. 
  • c. Allah SWT membela kaum kafir. 
  • d. Lebih dekat kepada taqwa. 

SEMOGA MENDAPATKAN HASIL YANG MEMUASKAN

Soal di atas merupakan hasil pembuatan yang diambil dari 3 materi, yakni: 

  1. Bab 1 - Meyakini Kitab-Kitab Allah SWT & Mencintai Al-Qur'an. 
  2. Bab 2 - Menghindari Minuman Keras, Judi, dan Pertengkaran. 
  3. Bab 3 - Mengutamakan Kejujuran dan Menegakkan Keadilan. 

Kunci Jawaban dapat meminta dari si pembuat soal dengan syarat mengirimkan donasi seikhlasnya ke akun DANA 081319091084. Setelah mengirimkan donasi, silahkan kirim bukti pembayarannya ke nomor WhatsApp tersebut. 

Dibuat oleh Mohammad Hibatul Wafi Al Badruzzaman.