Sosialisasi EMIS 4.0 - BTQ

MGMP PAI - Senin, 20 November 2023.

Lomba Kaligrafi

MGMP PAI - Sabtu, 16 September 2023.

This is default featured slide 3 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.

This is default featured slide 4 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.

This is default featured slide 5 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.

18 September 2024

Kelas 8 Kurmer: Soal Ulangan Harian Ganjil 1

SOAL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SEMESTER GANJIL SMP KELAS 8 

SELAMAT MENGERJAKAN! 

Kerjakanlah soal berikut di Kertas Lembar Jawaban yang telah disediakan di koperasi sekolah! 

1. Hukum bacaan tafkhim dan tarqiq dibagi menjadi dua huruf, yaitu .... 

  • a. Lam ( ل ) dan Ra ( ر ). 
  • b. Ba ( ب ) dan Mim ( م ). 
  • c. Qaf ( ق ) dan Jim ( ج ). 
  • d. Dal ( د ) dan Tha ( ط ). 

2. Berikut adalah ketentuan hukum bacaan Ra tafkhim, kecuali .... 

  • a. Ra berharakat fathah atau fathatain. 
  • b. Ra berharakat kasrah. 
  • c. Ra berharakat dhammah atau dhammatain. 
  • d. Ra sukun didahului huruf berharakat fathah. 
3. Perhatikan penggalan ayat berikut! 

Penggalan ayat tersebut mengandung hukum bacaan ra' .... 

  • a. Tafkhim. 
  • b. Tarqiq. 
  • c. Tarqiq yang didahului oleh huruf ya sukun. 
  • d. Tafkhim yang didahului oleh huruf ya sukun. 
4. Jika terdapat huruf ya sukun setelah huruf hiyaiyah ra’ yang berharakat kasrah, maka hukum bacaannya adalah .... 
  • a. Tafkhim. 
  • b. Tarqiq. 
  • c. Syafawi. 
  • d. Ghunnah. 
5. Perhatikan penggalan ayat berikut! 

Penggalan ayat tersebut mengandung hukum bacaan tafkhim pada huruf hijaiyyah .... 

  • a. Lam. 
  • b. Lam Jalalah. 
  • c. Kho. 
  • d. Dho. 
6. Hukum bacaan huruf Ra' dapat dibaca dengan cara .... 
  • a. Hanya boleh tarqiq. 
  • b. Hanya tarqiq dan jawazul wajhain. 
  • c. Hanya tafkhim dan jawazul wajhain. 
  • d. Tafkhim, tarqiq, dan jawazul wajhain. 
7. Hukum bacaan tarqiq artinya .... 
  • a. Tipis. 
  • b. Tebal. 
  • c. Jelas. 
  • d. Dengung. 
8. Hukum bacaan tafkhim artinya .... 
  • a. Tipis. 
  • b. Tebal. 
  • c. Jelas. 
  • d. Dengung. 

9. Perhatikan penggalan ayat berikut! 

Lanjutan dari penggalan ayat tersebut adalah .... 

  • a. 
  • b. 
  • c. 
  • d. 

10. Perhatikan penggalan ayat berikut! 

Penggalan ayat tersebut terdapat dalam Al-Qur'an surat .... 

  • a. Az-Zukhruf/43 ayat 11. 
  • b. Az-Zukhruf/43 ayat 12. 
  • c. Az-Zukhruf/43 ayat 13. 
  • d. Az-Zukhruf/43 ayat 14. 

11. Meyakini keberadaan kitab-kitab Allah SWT merupakan perkara yang sangat penting bagi ummat Islam. Sebagai orang yang beriman kepada kitab Allah SWT, berarti kita harus .... 

  • a. mempercayai dan mengamalkan semua isi kitab Allah SWT. 
  • b. percaya bahwa kitab-kitab itu betul-betul dari Allah SWT. 
  • c. percaya dan mengamalkan semua kitab-kitab yang ada. 
  • d. menganggap bahwa Al-Qur'an saja yang perlu dipercayai. 

12. Dalam Al-Qur'an disebutkan ada empat kitab yang diturunkan kepada empat Rasul. Keempat Rasul tersebut adalah .... 

  • a. Nuh as., Ibrahim as., Musa as., Muhammad SAW. 
  • b. Musa as., Ibrahim as., Isa as., Muhammad SAW. 
  • c. Nuh as., Daud as., Isa as., Muhammad SAW. 
  • d. Musa as., Daud as., Isa as., Muhammad SAW. 

13. Di antara empat kitab Allah SWT yang paling awal atau terdahulu adalah kitab .... 

  • a. Taurat. 
  • b. Al-Qur'an. 
  • c. Zabur. 
  • d. Injil. 

14. Semua kitab Allah SWT berisi ajaran yang benar dan baik sesuai dengan masanya. Ajaran yang sama dan tertuang dalam semua kitab Allah SWT adalah tentang .... 

  • a. tata cara berumah tangga. 
  • b. perintah mengesakan Allah SWT. 
  • c. larangan membunuh binatang. 
  • d. hukum-hukum mengenai tata negara. 

15. Kitab Zabur diturunkan pada abad ke- .... 

  • a. 16 SM. 
  • b. 12 SM. 
  • c. 10 SM. 
  • d. 5 SM. 
16. Kitab Injil pada awalnya ditulis dengan bahasa .... 
  • a. Ibrani. 
  • b. Yunani. 
  • c. Qibti. 
  • d. Suryani. 
17. Perhatikan penggalan ayat berikut! 

Potongan ayat QS. Al-Isra'/17: 55 tersebut menjelaskan tentang .... 

  • a. Allah SWT menurunkan kitab Taurat kepada Nabi Musa as. 
  • b. Allah SWT menurunkan kitab Zabur kepada Nabi Dawud as. 
  • c. Allah SWT menurunkan kitab Zabur kepada Nabi Isa as. 
  • d. Allah SWT menurunkan kitab Al-Qur’an kepada Nabi Muhammad SAW. 

18. Pengertian suhuf adalah .... 

  • a. wahyu yang diterima para Nabi dan dibukukan. 
  • b. ucapan para Nabi yang sudah tertulis dan dibukukan. 
  • c. ketetapan para sahabat Nabi yang telah dibukukan. 
  • d. lembaran wahyu Allah SWT yang tidak dibukukan. 

19. Di antara Nabi berikut ini yang menerima suhuf adalah Nabi .... 

  • a. Harun as. 
  • b. Ibrahim as. 
  • c. Ismail as. 
  • d. Sulaiman as. 

20. Semua peraturan yang berasal dari Allah SWT pasti benar. Sedangkan peraturan yang berasal dari manusia belum tentu benar, sebab .... 

  • a. manusia sebagai makhluk sosial. 
  • b. tidak ada makhluk yang sempurna. 
  • c. manusia memiliki banyak kelemahan. 
  • d. Al-Qur’an merupakan peraturan yang benar. 

21. Berikut ini yang merupakan salah satu isi dari Kitab Taurat adalah .... 

  • a. membenarkan isi Kitab Injil. 
  • b. larangan menjadi saksi palsu. 
  • c. berisi dzikir dan nasehat. 
  • d. merevisi kitab-kitab sebelumnya. 

22. Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut! 

  1. Memberi petunjuk kepada manusia. 
  2. Mudah dalam menghafalkan. 
  3. Pedoman agar manusia tidak berselisih dalam menentukan kebenaran. 
  4. Menambah ilmu pengetahuan. 
  5. Mensyukuri segala anugerah dan nikmat Allah SWT. 
  6. Menjelaskan isi kitab-kitab sebelumnya. 

Pernyataan tersebut yang merupakan hikmah beriman kepada kitab adalah nomor .... 

  • a. 1, 2, dan 3. 
  • b. 1, 3, dan 5. 
  • c. 2, 4, dan 6. 
  • d. 4, 5, dan 6. 

23. Kitab Taurat diturunkan di bukit Sinai dengan 10 isi perintah Tuhan. Sebutan lain dari 10 perintah Tuhan adalah .... 

  • a. The Ten of Commandments. 
  • b. The Ten Principles. 
  • c. Ben Ten. 
  • d. The Ten of Miracle in the World. 

24. Al-Qur’an tidak diturunkan sekaligus, tetapi secara bertahap dalam kurun waktu .... 

  • a. 22 tahun 2 bulan 22 hari. 
  • b. 22 tahun 2 bulan 23 hari. 
  • c. 21 tahun 2 bulan 23 hari. 
  • d. 22 tahun 1 bulan 22 hari. 

25. Al-Qur'an tidak diturunkan sekaligus kepada Rasulullah SAW. Seluruh ayat-ayat Al-Qur'an diturunkan secara bertahap, sedikit demi sedikit dan berangsur-angsur. Secara keseluruhan Al-Qur'an memiliki ayat yang terbagi menjadi .... 

  • a. 30 juz, 114 surat, 6.666 ayat. 
  • b. 30 juz, 144 surat, 6.666 ayat. 
  • c. 30 juz, 114 surat, 6.696 ayat. 
  • d. 30 juz, 104 surat, 6.666 ayat. 


03 Juni 2024

Kisi-Kisi Kelas 7 Kurmer Akhir Semester Genap 2024

Assalamu'alaikum Warahmatullaahi Wabarakaatuh, semangat pagi sobat PAI. Admin akan membagikan kisi-kisi terkait materi bab 8, bab 9, dan bab 10 sebagai berikut: 

  1. Bab 8 - Menghindari ghibah dan melaksanakan tabayyun. 
  2. Bab 9 - Rukhshah atau kemudahan dari Allah SWT dalam beribadah kepada-Nya. 
  3. Bab 10 - Andalusia sebagai kota peradaban Islam di Barat pada tahun 756-1031 Masehi. 

1. Membicarakan aib yang ada pada diri seseorang dengan maksud untuk merendahkan harga dirinya dinamakan ghibah

2. Yang merupakan contoh sikap ghibah sebagai berikut: 

  • Ahmad berkata bahwa rapat akan membahas penjatuhan Lana dari jabatan Ketua Kelas. 
  • Azzam berpesan kepada teman-temannya bahwa teman baru di kelasnya suka menipu. 

3. Shiva dan Nana adalah dua orang yang bersahabat sejak kecil. Suatu ketika Shiva menghadap guru BP untuk konsultasi masalah pelajaran. Pada waktu yang bersamaan Nana melihatnya. Ia merasa bahwa sahabatnya melaporkan keburukan sikapnya kepada guru BP. Dalam hal demikian Nana terkena sikap buruk sangka

4. Perumpaan perilaku ghibah seperti memakan daging saudaranya yang sudah mati terdapat dalam surah QS. Al-Hujurat/49: 12

5. Yang merupakan cara menghindari perbuatan ghibah adalah: 

  • Selalu berintrospeksi diri. 
  • Merasa dirinya diawasi oleh Allah SWT. 

6. Meneliti dan menyeleksi berita, serta tidak tidak tergesa-gesa dalam memutuskan sesuatu dinamakan tabayyun

7. Ketika mendengar berita dari media sosial yang merugikan kita, sikap kita adalah mengklarifikasi berita tersebut terlebih dahulu

8. Agama memerintahkan untuk melakukan tabayyun. Tabayyun berkaitan dengan pembawa berita dan isi berita. Hal ini dilakukan agar tidak terjadi kebohongan berita yang diterima dan disebar

9. Lana berangkat ke sekolah bersama dengan temannya yang bernama Pepe. Sampai di sekolah, mereka bertemu dengan Agata yang menceritakan bahwasanya Lana dan Pepe pulang sekolah nanti ditantang untuk berkelahi dengan Dio tanpa alasan yang jelas. Sikap Lana dan Pepe sebaiknya Tidak percaya begitu saja dan menanyakan informasi yang benar

10. Jeni mendapatkan pesan dari orang yang tidak dikenal melalui pesan pada salah satu media sosial bahwa salah satu anggota keluarga mengalami musibah. Ia dirawat di rumah sakit. Di akhir pesan tersebut, Jeni harus segera mentransfer uang ke nomor rekening salah satu bank. Sikap yang tepat dilakukan Jeni adalah mengecek terlebih dahulu anggota keluarga yang terkena musibah

11. Yang merupakan penyebab diberikannya rukhshah adalah: 

  • Orang yang sedang dalam perjalanan (musafir) dalam jarak dan kondisi yang ditentukan. 
  • Orang yang sedang dalam perjalanan pulang kampung. 

12. Yogi bekerja di sebuah perusahaan ternama. Ia pergi bekerja ke luar kota setiap bulan selama sepuluh hari. Jarak tempuh ke luar kota sangat jauh sehingga menggunakan pesawat selama 2 jam. Pada saat bulan Ramadhan, ia berpuasa apabila ia berada di dalam kota. Pandangan kita terhadap puasa yang dilakukan oleh Yogi tersebut yang benar adalah Yogi boleh memilih antara berpuasa dan tidak karena ke tempat kerja termasuk safar

13. Rombongan pelajar SMP di Jakarta melakukan studi wisata ke Yogyakarta. Di tengah perjalanan, rombongan tersebut menuju ke masjid untuk melaksanakan shalat di waktu Dzhuhur 4 raka'at setelah salam diteruskan dengan melaksanakan shalat Ashar 4 raka'at. Mereka melaksanakan shalat tersebut di waktu Ashar. Allah SWT memperbolehkan melaksanakan shalat dengan cara tersebut. Cara shalat dikenal dengan nama shalat jamak ta'khir Dzhuhur dengan Ashar

14. "Allah SWT tidak membebani hamba-Nya kecuali sesuai dengan kesanggupannya". Pernyataan ini terdapat dalam QS. Al-Baqarah/2: 286

15. Orang yang sedang sakit atau sedang bepergian jauh dengan tujuan yang baik diperbolehkan untuk tidak berpuasa Ramadhan, namun wajib mengganti puasa pada hari yang lain di bulan yang lain

16. Orang tua yang sudah renta dan tidak mampu berpuasa, diberikan keringanan dengan membayar fidyah

17. Pak Gilang adalah orang miskin di kampungnya. Tiga hari sebelum lebaran ia mendapat rizqi yang cukup untuk memenuhi kebutuhan hidup diri dan keluarganya. Dengan demikian, berarti Pak Gilang boleh membayar atau boleh tidak membayar zakat fitrah

18. Pada harta yang wajib dikeluarkan zakatnya, terdapat harta yang tidak memiliki nisab dan haul. Harta tersebut adalah barang temuan

19. Perintah melaksanakan ibadah haji sangat bermanfaat bagi seorang muslim. Manfaat tersebut bagi seorang muslim diantaranya sebagai berikut, kecuali dapat mengenal kota-kota di Makkah dan Madinah

20. Yang merupakan penyebab membayar dam pada saat melaksanakan ibadah haji adalah: 

  • Melaksanakan haji tamattu'. 
  • Tidak melempar jumrah. 
  • Bermalam di Mina pada malam hari Tasyrik. 

21. Menjelang penaklukkan oleh Muslim, kondisi sosial masyarakat di Andalusia sangat memprihatinkan. Masyarakat dibentuk menjadi tiga kelas yaitu kelas 1, 2, dan 3. Penguasa adalah kelas pertama. Yang bukan termasuk kelas penguasa adalah tuan tanah kecil

22. Puncak kejayaan Bani Umayyah di Andalusia ditandai dengan perkembangan ilmu pengetahuan di Cordova yang terjadi pada masa kepemimpinan 'Abdul Rahman III

23. Islam masuk ke Andalusia bukan karena militer akan tetapi sebagai Futuh Al-Islami yang berperadaban. Pengaruhnya tersebut menyebar sampai ke Barat Eropa

24. Bangunan ini terindah di benua Eropa. Awalnya, bangunan ino adalah minaret atau menara masjid. Kondisi saat ini beralih fungsi sebagai menara lonceng Katedral Sevilla. Menara ini diberi nama Menara Giralda

25. Di bawah ini merupakan tempat yang indah dan megah adalah pusat dan puncak ketinggian arsitektur Spanyol Islam yang dijadikan sebagai tempat pertahanan terakhir ummat Islam di Spanyol adalah: 

  • Istana Al-Hamra. 
  • Granada. 
  • Menara emas. 

26. Kedewasaan berfikir, cara pandang ke depan yang lebih luas, bertindak arif, dan bijaksana, juga merasa bangga serta mencintai kebudayaan Islam masa lalu, merupakan hikmah mempelajari sejarah peradaban Islam

27. Daerah ini berada pada wilayah otonomi Castilla la Mancha. Daerah ini pernah menjadi ibukota Spanyol sebelum bangsa Moor datang pada abad ke-8 M. Tingkat toleransi kehidupan beragama cukup tinggi di daerah ini. Yahudi, Kristen, dan Islam hidup berdampingan secara harmonis. Nama daerah tersebut adalah Toledo

28. Berikut nama cendekiawan muslim beserta bidang keahliannya, sebagai berikut: 

  • Al-Gatiqi - Fisika. 
  • Ibnu Tufail - Filsafat. 
  • Ibnu Khaldun - Ilmu Sosial. 
  • Al-Zalqali - Astronomi. 

29. Berikut ini merupakan kota-kota penting yang ditaklukkan oleh Thariq bin Ziyad dan pasukannya pada masa awal masuknya Islam di Andalusia, yaitu Cordova, Granada, dan Toledo

30. Ibn Bajah, Abu Bakr ibn Tufail, dan Ibnu Rusyd (Averroes) merupakan tokoh terkenal dalam bidang Filsafat

31. Lidah tak bertulang merupakan suatu ungkapan yang mengisyaratkan bahwa lidah yang lunak dapat menyakiti hati dan perasaan

32. Islam melarang ummatnya untuk ghibah, maksud dari ghibah adalah membicarakan kejelekan dan kekurangan orang lain

33. Ayat yang menjelaskan tentang tabayyun sebagai berikut: 

Artinya: "Wahai orang-orang yang beriman, jika seorang fasik datang kepadamu membawa berita penting, maka telitilah kebenarannya agar kamu tidak mencelakakan suatu kaum karena ketidaktahuan(-mu) yang berakibat kamu menyesali perbuatanmu itu." (QS. Al-Hujurat/49: 6). 

34. Tabayyun memiliki arti yaitu teliti dalam menerima informasi

35. Faktor-faktor agar kita terhindar dari ghibah yaitu: 

  • Berkumpul dengan orang-orang shaleh. 
  • Menjaga lisan atau perkataan. 
  • Berintrospeksi diri. 

36. Fazri seorang pekerja keras yang mempunyai penghasilan dalam setiap bulannya Rp.50.000.000,-. Sebagai ummat yang patuh kepada aturan agama maka ia selalu mengeluarkan zakat dari rezeki yang diperolehnya kepada fakir miskin. Sebagai warga negara yang patuh dengan aturan, maka Fazri juga membayar pajak. Berapa persen zakat dan pajak yang harus dikeluarkan oleh Fazri pada tahun 2024 adalah 2,5% & 11%

37. Orang yang melaksanakan shalat semata-mata karena Allah SWT, dan berkeinginan hanya untuk menggapai keridhaan-Nya, merupakan perwujudan dari salah satu sasaran tujuan melaksanakan shalat, yaitu timbulnya ketaqwaan kepada Allah SWT

38. Rukhshah dalam Islam memiliki makna kemudahan atau keringanan dalam beribadah

39. Rukhshah diberikan oleh Allah SWT kepada ummat-Nya untuk mempermudah dan meringankan beban dalam beribadah

40. Berikut contoh rukhshah dalam Islam, yaitu meringankan beban zakat bagi mereka yang tidak mampu

41. Shalat yang dapat dijamak atau digabung dengan waktu shalat lainnya adalah Dzhuhur, Ashar, Maghrib, dan Isya'. Sedangkan shalat Shubuh tidak dapat dijamak atau digabungkan dengan waktu shalat yang lain. 

42. Shalat yang dikerjakan dengan cara diringkas adalah Qashar

43. Shalat yang dapat diqashar atau diringkas adalah Dzhuhur, Ashar, dan Isya'

44. Andalusia adalah sebutan bagi negara Spanyol

45. Yang membuat Andalusia menjadi pusat peradaban Islam di Barat pada abad ke-8 hingga ke-11 M adalah kebijakan toleransi agama dan ilmu pengetahuan

46. Tokoh penting dalam perkembangan ilmu pengetahuan dan seni di Andalusia adalah Ibnu Sina

47. Faktor yang membuat Andalusia menjadi pusat pembelajaran dan kebudayaan pada masa itu adalah kebijakan toleransi dan dukungan terhadap ilmu pengetahuan

48. Hasil dari perkembangan ilmu pengetahuan di Andalusia adalah penemuan-penemuan yang berdampak besar dalam bidang kedokteran, matematika, dan astronomi

49. Ciri khas dari arsitektur di Andalusia pada masa itu adalah penggunaan hiasan dan geometri Islam yang kaya

50. Yang menjadi pencapaian penting di bidang ilmu pengetahuan di Andalusia adalah pengembangan aljabar dan ilmu pengetahuan alam

Demikian kisi-kisi yang dapat kami informasikan, agar ketika pengerjaan soal nanti dapat lebih mudah dipahami. Terima kasih... Salam dari admin... 

20 Mei 2024

7B: Ghibah & Tabayyun

Pembelajaran mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti hari ini di kelas 7B dengan materi pada bab 9, yakni Rukhshah: Kemudahan dari Allah SWT dalam Beribadah Kepada-Nya. Kegiatan pembelajaran dimulai dengan pembuka Basmallah, berdo'a, absensi peserta didik, evaluasi pembelajaran pertemuan sebelumnya, koreksi tugas berikut penjelasannya, tanya jawab. 

Terakhir pemberian tugas kembali. Tugasnya adalah mengerjakan latihan dalam bentuk pilihan ganda halaman 218 yang akan dikoreksi pada Senin, 27 Mei 2024 dan setelah ulangan persiapan menghadapi ujian kenaikan kelas akhir semester genap.

17 Maret 2024

Kisi-Kisi Kelas 8 K13 Tengah Semester Genap

Menjelang ujian asesmen tengah semester genap, banyak permintaan kisi-kisi materi yang akan keluar pada ujian nanti. Setelah mendapatkan permintaan tersebut, admin mencoba menghubungi guru mata pelajaran terkait, yakni Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas 8 yang membuat soalnya. Setelah mendapatkan respon yang sangat baik oleh beliau. Admin segera membuatkan kisi-kisi terkait. 

Kisi-kisi materi kelas 8 K13 (Kurikulum 2013) pada tengah semester genap ini melingkupi materi bab 8 (Meneladani Sifat-Sifat Mulia Para Rasul Allah SWT), bab 9 (Hormat dan Patuh kepada Orang Tua dan Guru), bab 10 (Menghiasi Pribadi dengan Berbaik Sangka dan Beramal Shaleh), bab 11 (Ibadah Puasa Membentuk Pribadi yang Bertaqwa). 

Bab 8 - Meneladani Sifat-Sifat Mulia Para Rasul Allah SWT: 

  1. Rukun Iman. 
  2. Pengertian iman kepada Nabi dan Rasul Allah SWT. 
  3. Sifat-sifat Rasul Allah SWT. 
  4. QS. Al-'Imran/3: 164 tentang perintah beriman kepada Rasul Allah SWT. 
  5. Persamaan dan perbedaan Nabi dan Rasul Allah SWT. 
  6. Tugas para Rasul Allah SWT. 
  7. Ulul Azmi. 
  8. Mu'jizat para Rasul Allah SWT. 
  9. Hikmah beriman kepada Rasul Allah SWT. 

Bab 9 - Hormat dan Patuh kepada Orang Tua: 

  1. Pengertian Birrul Walidain dan Uququl Walidain. 
  2. QS. An-Nisa'/4: 36 tentang perintah berbuat baik kepada kedua orang tua. 
  3. Hadits tentang ridhanya Allah SWT terletak pada ridhanya kedua orang tua. 
  4. Cara menghormati dan mematuhi kedua orang tua. 
  5. Tiga macam do'a yang akan dikabulkan oleh Allah SWT. 
  6. Sikap dalam menghormati dan mematuhi kedua orang tua dalam kehidupan sehari-hari. 
  7. Contoh perilaku durhaka terhadap orang tua. 
  8. Persamaan dan perbedaan fungsi orang tua dan guru. 
  9. Cara menghormati dan mematuhi guru. 
  10. Perilaku menghormati dan mematuhi guru dalam kehidupan sehari-hari. 

Bab 10 - Menghiasi Pribadi dengan Berbaik Sangka dan Beramal Shaleh: 

  1. QS. Al-'Ashr/103: 2-3 tentang beramal shaleh. 
  2. Hal-hal yang merupakan amal shaleh yang sah. 
  3. Macam-macam amal shaleh dan berbaik sangka. 
  4. Hadits tentang amalan shaleh yang tidak terputus pahalanya. 
  5. Manfaat beramal shaleh. 
  6. Pengertian husnuzhon dan su'uzhon. 
  7. Penerapan beramal shaleh dan berbaik sangka dalam kehidupan sehari-hari. 

Bab 11 - Ibadah Puasa Membentuk Pribadi yang Bertaqwa: 

  1. Pengertian puasa wajib dan puasa sunnah. 
  2. QS. Al-Baqarah/2: 183 tentang kewajiban berpuasa
  3. Macam-macam puasa wajib dan puasa sunnah. 
  4. Macam-macam yang diharamkan untuk berpuasa. 
  5. Puasa wajib bulan Ramadhan. 
  6. Orang-orang yang diperbolehkan meninggalkan puasa. 
  7. Hadits tentang puasa sunnah yang dapat menghapus dosa selama dua tahun. 
  8. Hikmah melaksanakan puasa Arafah. 

By Muafi.

15 Maret 2024

Kisi-Kisi Kelas 7 Kurmer Tengah Semester Genap

Sebentar lagi peserta didik di jenjang SMP / sederajat akan menghadapi ujian asesmen tengah semester genap. Pastinya seluruh peserta didik akan mencari tahu informasi kisi-kisi setiap mata pelajaran. Nah, kali ini admin akan membagikan kisi-kisi mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas 7 SMP. Simak penjelasan kisi-kisinya! 

Kisi-kisi pada tengah semester genap ini melingkupi bab 6 (Alam Semesta sebagai Tanda Kekuasaan Allah SWT) dan bab 7 (Mawas Diri dan Introspeksi dalam Menjalani Kehidupan). 

Bab 6 - Alam Semesta Sebagai Tanda Kekuasaan Allah SWT: 

  1. QS. Al-A'raf/7: 54 tentang alam semesta sebagai tanda kekuasaan Allah SWT. 
  2. QS. Al-Anbiya'/21: 30 tentang alam semesta sebagai tanda kekuasaan Allah SWT. 
  3. Merangkai penggalan ayat QS. Al-A'raf/7: 54 dan QS. Al-Anbiya'/21: 30. 
  4. Mengartikan QS. Al-A'raf/7: 54 dan QS. Al-Anbiya'/21: 30. 
  5. Menerapkan hukum bacaan tajwid ghunnah. 
  6. Hadits tentang kewajiban menuntut ilmu. 
  7. Tentang keikhlasan dalam menuntut ilmu. 
  8. Memahami planet Bumi di alam semesta. 
  9. Teori Big Bang pada hari kiamat. 
  10. QS. An-Naml/27: 30-31 tentang kisah Nabi Sulaiman as. 

Bab Menghormati Guru dan Orangtua: 

  1. QS. Al-Baqarah/2: 83 tentang menghormati orang tua
  2. QS. Al-Mujadalah/58: 11 tentang derajat menuntut ilmu. 
  3. Menghormati guru dan orang tua.  

Bab 7 - Mawas Diri dan Introspeksi dalam Menjalani Kehidupan: 

  1. Pengertian dasar iman. 
  2. Iman kepada Malaikat. 
  3. Menyebutkan nama-nama Malaikat beserta tugasnya. 
  4. Nama lain dari nama Malaikat Jibril. 
  5. Sifat-sifat Malaikat. 
  6. Perbedaan Malaikat, jin, dan manusia. 
  7. Penerapan perilaku dalam kehidupan sehari-hari tentang pengamalan beriman kepada Malaikat. 
  8. Hikmah beriman kepada Malaikat. 

Sumber gambar merupakan hasil catatan peserta didik Zaskya Amellia Putri kelas 7C.